IBL

Dario Saric harus pindah lagi setelah Minnesota Timberwolves menukarnya ke Phoenix Suns. Padahal ia baru semusim tampil untuk Timberwolves. Ia membela mereka pada 2018-2019 karena Philadelphia 76ers, tim pertamanya, mengirimnya ke Minnesota demi mendapatkan Jimmy Butler.

Kendati demikian, ada yang berbeda dari pertukaran kali ini. Saric bersyukur ia bisa keluar dari Minnesota. Ia rupanya tidak cukup betah berada di sana.

“Saya tidak sedih dengan pertukaran ini,” ujar Saric seperti dikutip EuroHoops dari Sibenik.in. “Saya justru senang dan bersyukur, sebab saya pikir saya tidak mendapatkan kesempatan yang adil di Minnesota. Sajauh ini saya puas.”

Saric berharap kepindahannya kali ini membawa berkah. Ia tertarik bermain di bawah asuhan kepala pelatih baru Suns, Monty Williams. Saric dan Williams pernah bekerja sama ketika mereka membela Sixers. Kebetulan Williams sebelumnya adalah asisten pelatih tim asal Philadelphia tersebut.

Saric sendiri membela Sixers dalam dua musim (2016-2018). Di musim perdananya, ia berhasil masuk nominasi ruki terbaik NBA bersama Joel Embiid. Namun, mereka kalah dari Malcolm Brogdon (Milwaukee Bucks) yang tampil impresif.   

Peran forwarda berkebangsaan Kroasia itu kemudian semakin penting di Philadelphia. Ia masuk ke barisan lima utama di tahun keduanya pada 2017-2018. Saric tampil dalam 78 pertandingan dengan 73 kali menjadi starter. Ia mencetak 14,6 poin, 6,7 rebound, 2,6 asis dengan tembakan keseluruhan mencapai 45,3 persen.

Saric juga memiliki persentase sekitar 39,3 persen dari belakang garis tripoin. Efektivitas tembakan keseluruhannya tinggi dengan 54,1 persen. Sementara true shooting percentage-nya ada di kisaran 58,2 persen.

Sixers kemudian menukar Saric ke Timberwolves pada 2018-2019. Forwarda 25 tahun itu sempat tampil dalam 13 pertandingan di awal musim, sebelum benar-benar berangkat ke Minnesota. Saric lalu tampil dalam 68 pertandingan dengan hanya 28 kali menjadi starter.

Saric mencetak 10,5 poin, 5,5 rebound, dan 1,5 asis musim lalu. Statistik itu menurun dari musim-musim sebelumnya. Ia pun merasa tidak mendapat kesempatan yang adil saat itu. Oleh karena itu, pertukaran kali ini membuatnya senang. Ia akan mendapat kesempatan lain untuk membuktikan dirinya. (put)

Foto: NBA

Komentar