IBL

Jimmy Butler meminta Minnesota Timberwolves menukarnya sebelum NBA 2018-2019 bergulir, tetapi timnya perlu memikirkan masak-masak pertukaran ini. Timberwolves merasa harus mendapat keuntungan dari pertukaran Butler, terutama karena ia merupakan pemain bintang. Mereka tidak ingin merugi hanya karena melepas Butler.

Pada akhirnya, setelah melakukan negosiasi dengan beberapa tim selama beberapa pekan, Timberwolves pun melakukan transaksi dengan Philadelphia 76ers. Mereka mengirim Butler plus Justin Patton untuk mendapatkan Dario Saric, Robert Covington, Jerryd Bayless, dan hak pilih putaran kedua pada 2022.

Menurut sumber ESPN, Sixers memang memiliki ketertarikan kepada Butler dan hendak mengikatnya dengan kontrak panjang. Namun, karena Sang Pemain masih menyisakan kontrak satu tahun, ia belum bisa melakukan transaksi apa pun sebelum opsinya habis. Sixers pun akan menggunakan kesempatan ini untuk menguji Butler dengan memasangnya bersama bintang lain seperti Joel Embiid dan Ben Simmons.

Ketika kontrak Butler habis pada musim panas tahun depan, Sixers kemungkinan bisa mengikatnya dengan kontrak maksimal selama lima tahun seharga AS$190 juta. Sementara itu, klub-klub lain bisa menggodanya dengan kontrak empat tahun seharga AS$141 juta.

Kendati demikian, sebelum benar-benar membicarakan tentang kontrak, Butler akan menjalani tes fisik terlebih dahulu bersama tim barunya. Kedua tim yang terlibat pertukaran ini juga rencananya akan mengesahkan transaksi Senin nanti, sehingga Butler baru bisa bermain bersama Sixers ketika melawan Orlando Magic Rabu depan.

Menurut kabar yang beredar, Sixers merekrut Butler demi kesempatan yang lebih baik. Kini mereka tengah mengoleksi 8 kemenangan dan 6 kekalahan. Kehadiran Butler nantinya diharapkan bisa mendongkrak permainan tim, baik dalam menyerang maupun bertahan, terutama ketika menghadapi klub papan atas seperti Toronto Raptors dan Boston Celtics di Wilayah Timur.

Sementara itu, Timberwolves yang mendapatkan Saric dan Covington akan melakukan penyesuaian sambil memikirkan nasib Bayless. Klub asal Minneapolis itu dikabarkan hendak melepas Sang Garda meski ada kemungkinan ia juga tetap di tim. Para penggemar belum akan tahu sampai mereka mengesahkan transaksi tersebut, tetapi setidaknya mereka bisa lega karena drama Timberwolves versus Jimmy Butler berakhir.           

Foto: NBA

Komentar