IBL

Memphis Grizzlies bertamu ke markas Minnesota Timberwolves dalam pertandingan lanjutan NBA 2018-2019. Mereka pun mencuri kemenangan dengan skor 100-87 di Target Center, Minneapolis, Minnesota, Amerika Serikat, Minggu 18 November 2018 waktu setempat. Marc Gasol, senter senior Grizzlies, menjadi pahlawan kemenangan.

Gasol membukukan dobel-dobel 26 poin dan 13 rebound di pertandingan ini. Ia memasukkan 61,5 persen tembakannya, termasuk 4 dari 7 tripoin. Itu artinya ia tidak hanya berbahaya di area kunci, tetapi juga di belakang busur tripoin.

Selain Gasol, Grizzlies juga mendapat suntikan poin dari garda senior Mike Conley. Ia mencetak 18 poin plus 8 rebound. Sementara itu, ruki Jaren Jackson Jr. dan pemain cadangan Shelvin Mack menambahkan masing-masing 13 dan 12 poin.

Di kubu lawan, Karl-Anthony Towns menjadi penampil terbaik dengan dobel-dobel 15 poin dan 20 rebound. Robert Covington juga mencetak 15 poin sementara Andrew Wiggins sedikit di bawahnya dengan 14 poin. Dua pemain cadangan Derrick Rose dan Dario Saric kemudian menambahkan masing-masing 18 dan 14 poin. Namun, perolehan itu tidak juga menyelamatkan mereka dari kekalahan di hadapan penggemar sendiri.

Grizzlies memenangkan pertandingan dengan akurasi yang lebih baik dari Tuan Rumah. Mereka memasukkan 42,7 persen tembakan dengan 12/28 tripoin plus 18 tembakan gratis. Sementara itu, Timberwolves tertahan di angka 39,2 persen meski tripoin mereka 41,4 persen. Duo garda starter Timberwolves bahkan hanya memasukkan total 7 dari 27 tembakan (25,9 persen).

Kendati begitu, Timberwolves bisa unggul tiga poin (20-17) di kuarter satu. Namun, Grizzlies membalasnya di kuarter dua dengan mencetak 30 poin sehingga skor berbalik untuk mereka 47-43. Duel para senter seperti Gasol dan Towns di pertandingan ini menjadi sengit. Mereka menunjukkan kepiawaiannya di bawah ring maupun melebar ke belakang busur. Namun, Towns tidak banyak mengambil kesempatan menembak tripoin dengan hanya memasukkan 1 dari 1 percobaan. Padahal dua rekannya di posisi garda sedang tumpul-tumpulnya.

Pada akhirnya, Grizzlies menjauh di kuarter tiga. Mereka mencetak sedikitnya 28 poin lagi di kuarter itu sementara Timberwolves hanya 19. Gasol dkk. memimpin 75-62.

Di kuarter akhir, Grizzlies memanfaatkan kelengahan Tuan Rumah untuk mendulang poin. Timberwolves melakukan 5 kesalahan yang berbalik serangan balik (turnover) dalam 5 menit. Padahal mereka terbilang baik dalam menjaga bola dengan bertengger di peringkat empat dalam hal persentase turnover. Namun, Grizzlies justru membuat mereka kalang kabut. Klub asal Memphis itu pun memenangkan pertandingan 100-87.       

Selanjutnya, Grizzlies akan menyambut Dallas Mavericks di Memphis besok. Timberwolves, di sisi lain, akan bertemu Denver Nuggets tiga hari lagi di Target Center.

Foto: NBA

Komentar