IBL

Golden State Warriors menutup NBA 2018-2019 dengan tragis. Mereka berharap bisa mempertahankan gelar tiga kali beruntun, tetapi Toronto Raptors memupusnya. Badai cedera yang memorakporandakan Warriors membuat mereka kesulitan mengamankan gelar.

Tim asal Oakland itu belakangan bahkan tidak lagi menjadi favorit juara. Los Angeles Lakers—yang mengakuisisi Anthony Davis dari New Orleans Pelicans—menjadi favorit baru. Namun, Warriors tidak juga harus mengakui itu. Setidaknya Andre Iguodala berpikir bahwa timnya masih bisa mengejar gelar juara.

“Saya memercayai diri kami. Klay (Thompson) mungkin akan kembali pada Februari nanti. Dia cepat sembuh. Kami akan mengejar gelar lagi. Ini belum selesai,” ujar Iguodala dalam acara “First Take”, ESPN.

Iguodala juga memerhatikan pergerakan Lakers di masa jeda ini. Ia tahu mereka melakukan pertukaran dengan Pelicans. Mereka mendapatkan Davis dengan mengirim barisan muda: Brandon Ingram, Lonzo Ball, dan Josh Hart juga hak pilih.

“Saya sudah mengira mereka akan melakukan pergerakan,” kata Iguodala lagi. “Rob Pelinka, agen lama saya, saya tahu ia akan menggunakan otaknya, otak Michigan. Dan kemudian, mereka punya LeBron (James), tentu saja. Ia sedang berada dalam fase akhir kariernya. Ia ingin menang sekarang.”

Selain Iguodala, Kepala Pelatih Steve Kerr juga sempat mengungkapkan hal serupa. Ia mengatakan bahwa dinasti Warriors belum runtuh. Mereka hanya kalah di final. Mereka masih bisa mengejar gelar juara musim depan.

“Tidak, saya tidak melihat hal itu atau berpikir seperti itu,” kata Kerr tentang runtuhnya dinasti Warriors. “Saya tidak berpikir begitu. Steph (Curry) akan kembali musim depan. Draymond (Green) juga. Kami akan mencari beberapa pemain lagi dan tetap bagus, dengan asumsi kami mendapatkan cukup waktu untuk istirahat.”

Sayangnya, Warriors dihadapkan pada masalah cedera. Dua bintang utama mereka harus menepi dalam waktu yang lama. Thompson masih berkutat dengan cedera lutut. Ia melukai Anterior Cruciate Ligament (ACL) di pertandingan final keenam. Thompson membutuhkan waktu sekitar 10 bulan untuk pulih.

Sementara itu, Kevin Durant mengalami cedera Achilles di pertandingan final kelima. Ia naik meja operasi dan akan absen hingga 2019-2020. Warriors berpotensi kehilangan Durant selama semusim penuh.

Thompson dan Durant juga akan menjadi pemain bebas pada musim panas ini. Warriors berniat untuk memperpanjang kontrak. Itu artinya, mereka akan menghabiskan uang untuk merekrut pemain yang tidak bisa bermain. Namun, seperti Kerr bilang, ia akan mencari pemain yang bisa membantu mereka ketika dua bintangnya absen.

Kerr sendiri masih punya Iguodala dan beberapa pemain bagus seperti Curry dan Green. Itulah mengapa Iguodala mengatakan mereka masih bisa bersaing. Warriors akan kembali untuk membangun dinastinya lagi. (put)

Foto: NBA

Komentar