IBL

Masa depan D’Angelo Russell akhirnya terjawab. Ia tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan tim baru setelah kontraknya habis. Golden State Warriors merekrutnya dengan sistem rekrut dan tukar (sign and trade) bersama Brooklyn Nets. Russell akan menandatangani kontrak maksimal empat tahun sebesar AS$117 juta.

Warriors sendiri akan menukar Andre Iguodala agar rekrut dan tukar itu terjadi. Menurut laporan Adrian Wojnarowski, ESPN, mereka mengirimnya ke Memphis Grizzlies. Warriors juga akan mengirim hak pilih putaran pertama pada 2024, 2025, dan 2026.

Grizzlies belakangan memang tengah mengumpulkan pemain muda. Mereka hendak membangun ulang skuatnya dengan pemain-pemain seperti itu. Grizzlies bahkan berani menukar jagoannya seperti Mike Conley dan Marc Gasol.

Kendati demikian, tim asal Memphis itu masih memerlukan veteran untuk menjadi seorang mentor. Kebetulan Iguodala sarat dengan pengalaman. Ia pernah juara sebanyak tiga kali bersama Warriors.

Sementara itu, Warriors akan mendapatkan garda utama berkualitas. Performa Russell sedang menanjak. Ia bahkan berhasil masuk ke jajaran All-Star dan nominasi pemain paling berkembang pada 2018-2019. Namun, masa depannya bersama Nets menjadi bias. Sebab, tim asal Brooklyn itu merekrut Kyrie Irving dan Kevin Durant. Russell boleh jadi kehilangan tempat seandainya ia tetap di Nets.

Oleh karena itu, Warriors pun memanfaatkan kesempatan untuk merekrut Russell. Mereka juga membutuhkan pemain berkualitas untuk menggantikan Kevin Durant yang hengkang dan Klay Thompson yang sedang cedera. Thompson membutuhkan waktu sekitar 10 bulan untuk pulih dari cedera Anterior Cruciate Ligament (ACL).

Setelah ini, Warriors dan tim lainnya masih akan sibuk mencari pemain. NBA baru saja membuka pasar pemain bebas. Mereka masih punya banyak waktu untuk mengumpulkan pemain. Di hari pertama, Warriors, Nets, dan Grizzlies sudah tampak sibuk. Mereka akan bertambah sibuk sampai musim depan. (put)

Foto: NBA

Komentar