IBL

Kevin Durant akhirnya kembali ke lapangan untuk berlatih bersama Golden State Warriors. Kepala Pelatih Steve Kerr telah mengizinkannya untuk mengambil latihan ekstra bersama para pemain muda. Pelatih bahkan memasukkannya ke dalam daftar calon pemain yang akan bertanding di pertandingan Final NBA kelima di Scotiabank, Toronto, Ontario, Kanada, Senin 10 Juni 2019 waktu setempat.

Warriors kini tinggal harap-harap cemas. Mereka akan memantau kondisi Durant sampai besok. Statusnya masih dipertanyakan. Namun, mereka berharap ia bisa membantu tim dalam pertandingan penentuan. Sebab, Warriors tengah tertinggal 1-3 dari Toronto Raptors di Final NBA 2019. Kemampuan Durant dalam menyerang akan berguna untuk meretas pertahanan lawan.

Sementara Warriors terus memantau, Andre Iguodala, rekan setim Durant, berbagi perasaannya kepada media. Iguodala mengatakan bahwa dirinya ingin Durant tampil besok. Namun, ia tidak berharap banyak. Forwarda bernomor punggung sembilan itu bahkan menyarankan Durant untuk tidak berlebihan.

“Saya hanya ingin dia berada di tempat yang baik. Jika dia mampu dan bermain dengan percaya diri, (maka lakukanlah),” kata Iguodala seperti dikutip Anthony Slater, The Athletic. “Akan tetapi, jika tidak, mengapa mencoba membuktikan sesuatu kepada orang lain dan mencoba mengorbankan tubuh Anda ketika kondisinya tidak memungkinakan? Namun, kadang-kadang olahraga memang berjalan seperti itu.”

Iguodala mengatakan hal itu karena berpengalaman. Ia sempat mengalami beberapa cedera dalam lima tahun terakhir ketika Warriors masuk final. Iguodala berhasil melalui semuanya. Warriors juara tiga kali dalam lima tahun terakhir. Mereka masih punya kesempatan untuk menambah satu gelar lagi musim ini.

Menurut Iguodala, keputusan untuk bermain ada di tangan pemain dan staf medik. Para penggemar dan media tidak bisa menentukan apa pun. Iguodala ingin Durant memahami itu. Ia tidak ingin rekan setimnya memaksakan tampil hanya karena tekanan dari luar.

Di sisi lain, Draymond Green punya pandangan sendiri mengenai kondisi Durant. Fowarda Warriors itu menilainya sangat tinggi. Ia mengatakan bahwa Durant lebih baik dari siapa pun meski kondisinya hanya 75 persen.

“Dia jauh lebih baik dari kebanyakan orang ketika kondisinya 100 persen,” ujar Green. “Ketika dia hanya 75 persen, kemungkinan ia masih lebih baik dari kebanyakan orang.”

Durant sendiri sudah absen sejak pertandingan Semifinal Wilayah Barat kelima. Ia menepi dalam sembilan pertandingan terakhir, termasuk Final Wilayah Barat dan Final NBA. Durant bahkan belum pernah latihan sampai akhirnya turun ke lapangan pada Minggu, 9 Juni 2019 waktu setempat.

Status Durant belum menentu. Namun, Warriors bertumpu harapan kepadanya. Durant diharapkan menjadi pembeda di pertandingan kelima nanti. Warriors masih percaya diri meski berada di ujung tanduk. (put)

Foto: NBA

Komentar