IBL

Dominique Wilkins sempat mengalamai cedera Achilles ketika masih barkarier di NBA. Namun, ia berhasil pulih dan menjadi pemain legendaris bergelar Basketball Hall of Fame. Ia pun yakin Kevin Durant, forwarda Golden State Warriors, bisa melakukan hal yang sama.

Durant mengalami cedera Achilles di pertandingan kelima Final NBA 2019. Ia langsung naik ke meja operasi setelah itu. Operasi berjalan sukses, tetapi ia berpotensi absen semusim penuh pada 2019-2020.

Meski begitu, Wilkins yakin Durant akan baik-baik saja. Apalagi dengan dunia medis seperti dewasa ini.

"Ada begitu banyak kelebihan sekarang untuk kembali dari cedera," kata Wilkins seperti dikutip Mike Vorkunov, The Athletic. “Obat sekarang versus obat ketika saya bermain benar-benar berbeda. Kami harus bekerja lebih keras saat itu.”

Setelah cedera, Wilkins—yang saat itu membela Atlanta Hawks—membuktikan kalau dirinya belum habis. Ia segera bangkit dari keterpurukan. Ia bahkan mampu mencetak 29,9 poin, 6,8 rebound, 3,2 asis, dan 1 steal dalam 71 pertandingan di musim reguler 1992-1993. Wilkins mengalami cedera pada Januari 1992. Proses pemulihannya tidak memakan waktu sampai satu musim.

Wilkins melihat Durant bisa melakukan hal yang sama. Selama ini ia adalah seorang bintang. Ia akan tetap menjadi seorang bintang pascacedera.

Kendati begitu, masa depan Durant masih abu-abu. Ia akan menjadi pemain bebas pada musim panas ini. Warriors berniat menyodorkan kontrak baru, tetapi Durant belum mengatakan apa-apa.

Seandainya Warriors berhasil mendapatkan tanda tangan Durant, berarti mereka akan kehilangan satu pemain untuk beberapa waktu. Durant mesti menepi sampai waktunya kembali. Namun, seperti keyakinan Wilkins, Warriorrs semestinya tidak perlu khawatir. Durant akan kembali seperti semula. (put)

Foto: NBA

Komentar