IBL

Undian Kualifikasi FIBA Asia Cup (Piala Asia) 2021 digelar hari ini, Sabtu 8 Juni 2019. Indonesia berada di Grup A bersama Filipina, Thailand, dan Korea Selatan. Dari 24 negara peserta kualifikasi, akan diambil 16 negara yang tampil di babak utama FIBA Asia Cup 2021.

Acara ini merupakan undian Kualifikasi FIBA Asia Cup yang pertama. Sekaligus menjadi kualifikasi pertama dengan format baru. Legenda Filipina Jimmy Alapag dan pemain legendaris Jepang Asami Yoshida membantu proses undian yang berlangsung di Bengaluru, India.

Sebelum dilakukan pengundian, lebih dulu 24 negara dibagi menjadi delapan pot. Satu pot undian berisi tiga negara. Penentuannya berdasarkan NIKE FIBA World Rangking Men dan letak geografis negara tersebut.

Tim dari Asia Wilayah Timur yaitu EABA, SEABA, dan Oceania berada di pot satu sampai empat. Mereka akan mengisi Grup A, B, dan C. Sementara itu tim dari Asia Wilayah Barat yaitu WABA, SABA, CABA, dan GBA berada di pot lima hingga delapan. Di babak penyisihan, Wilayah Barat mengisi Grup D, E, dan F. Jadi satu grup akan diisi empat negara.

Baca Juga: Indonesia Bisa Jumpa Australia di Penyisihan Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021

Saat dilakukan undian untuk Grup A, negara Filipina muncul sebagai peserta pertama dari Pot 1. Setelah itu Korea Selatan dari Pot 2. Kemudian dari Pot 3, muncul Indonesia. Lalu terakhir dari Pot 4 terpilih Thailand.

Berikut hasil undian Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021:

Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021 digelar antara tahun 2019 hingga 2020. Dari 24 negara tersebut akan diambil 16 negara yang akan masuk ke babak utama. Untuk lebih jelasnya tentang proses kualifikasi, perhatikan bagan di bawah ini:

Mula-mula 24 tim akan dibagi menjadi enam grup. Jadi masing-masing grup terdiri dari empat negara. Pertandingan babak kualifikasi akan dimainkan dalam tiga fase. Tiap-tiap negara akan memainkan dua laga tiap fase dengan sistem home-and-away.

Fase pertama dimainkan bulan November 2019, lalu kedua pada Februari 2020, dan terakhir atau fase ketiga pada bulan November 2020.

Dua tim teratas dari masing-masing grup otomatis lolos ke babak utama (jersey warna biru di bagan). Kemudian, peringkat ketiga dari masing-masing grup akan bertanding memperebutkan empat tiket ke babak utama (jersey warna hijau di bagan). Nantinya ada delapan negara yang tidak lolos ke babak utama (jersey warna abu-abu di bagan).

Baca Juga: Memahami Sistem Kualifikasi Piala Asia FIBA 2021

Untuk mendapatkan jalur aman ke babak utama FIBA Asia Cup 2021, Indonesia harus mampu menduduki peringkat satu atau dua di klasemen Grup A. Indonesia sudah sering bertemu dengan Filipina dan Thailand, di turnamen SEABA dan SEA Games. Sementara itu, Indonesia juga pernah bertemu Korea Selatan di Asian Games 2018 Jakarta-Palembang. (tor)

Foto: fiba.basketball

Komentar