IBL

Undian Babak Penyisihan Kualifikasi FIBA Asia Cup (Piala Asia) 2021 akan berlangsung Sabtu, 8 Juni 2019, di Shangri-La Hotel Bengaluru. Ada 24 negara yang siap bertanding di babak kualifikasi ini. Sistem pertandingan yang digunakan mirip dengan Kualifikasi FIBA World Cup (Piala Dunia) 2019 lalu.

Sebanyak 24 tim sudah terpilih untuk mengikuti Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021. Sistem yang digunakan untuk kualifikasi tahun ini, sama dengan Kualifikasi FIBA World Cup 2019. Semua tim akan menjalani tiga kali jendela kualifikasi dengan sistem pertandingan home-and-away.

Baca Juga: Memahami Sistem Kualifikasi Piala Asia FIBA 2021

Pembagian grup untuk Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021 akan dilakukan Sabtu, 8 Juni 2019. Sementara itu, sebelum pengundian dimulai, FIBA membagi 24 negara ke dalam delapan pot undian. Satu pot undian berisi tiga negara. Penentuannya berdasarkan NIKE FIBA World Rangking Men dan letak geografis negara tersebut.

Tim dari Asia Wilayah Timur yaitu EABA, SEABA, dan Oceania berada di pot satu sampai empat. Mereka akan mengisi Grup A, B, dan C. Sementara itu tim dari Asia Wilayah Barat yaitu WABA, SABA, CABA, dan GBA berada di pot lima hingga delapan. Di babak penyisihan, Wilayah Barat mengisi Grup D, E, dan F. Jadi satu grup akan diisi empat negara.

Berikut Pembagian Pot Undian Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021:

Indonesia berada di Pot 3 bersama Cina Taipei dan Guam. Sementara itu, melihat peraturan untuk undian, maka peluang Indonesia bisa bertemu tim di Pot 1, 2, dan 4. Menariknya dari empat pot tersebut terdapat Australia, Selandia Baru, Filipina, Jepang, dan Cina. Indonesia punya peluang bertemu Australia di babak penyisihan. (tor)

Foto: fiba.basketball

Komentar