IBL

NBA akhirnya menjatuhkan sanksi dan denda kepada Mark Stevens. Liga menjatuhkan sanksi dan denda itu pada Kamis, 6 Juni 2019 waktu setempat. Hal itu terjadi sehari setelah investor Golden State Warriors tersebut mendorong Kyle Lowry di pertandingan ketiga di Oracle Arena, Oakland, California, Amerika Serikat.

NBA memutuskan melarang Stevens menonton dan beraktivitas di sekitar liga dalam waktu satu tahun. Mereka juga mendendanya sebesar AS$500 ribu. Sanksi dan denda itu keluar menyusul komentar Lowry tentang seorang investor tidak seharusnya mendorong pemain. Warriors pun segera mengambil sikap.

“Tingkah laku Tuan Stevens tadi malam tidak mencerminkan standar tinggi yang kami harap bisa menjadi contoh sebuah organisasi,” kata Warriors dalam rilis resminya. “Kami sangat kecewa dengan tindakannya dan, bersama Tuan Stevens, menyampaikan permintaan maaf yang tulus kepada Kyle Lowry dan organisasi Toronto Raptors atas kesalahan yang disayangkan ini.”

Insiden pendorongan itu terjadi ketika Lowry melabuhkan diri untuk menyelamatkan bola. Ia menubruk barisan penonton di pinggir lapangan. Lowry kemudian berusaha untuk berdiri, tetapi Stevens—yang duduk sekitar dua bangku dari tempat jatuhnya garda andalan Raptors—mendorongnya, sehingga terjadi adu mulut.

Selepas pertandingan, Lowry mengungkapkan bahwa Sang Investor melontarkan kata-kata vulgar berulang-ulang dalam adu mulut itu. Lowry kesal karenanya. Ia benar-benar tidak terima diperlakukan seperti itu. Apalagi oleh seorang investor tim.

“Saya tidak mengenalnya. Saya tidak peduli kalau memang tidak mengenalnya,” kata Lowry seperti dikutip situs resmi NBA. “Dia menunjukkan wajah aslinya. Dan ia menunjukkan siapa ia sebenarnya saat itu.

Stevens sendiri merupakan pemegang sebagian saham Warriors. Ia masuk ke jajaran enam dewan eksekutif. Mike Bass, juru bicara NBA, kemudian angkat bicara tentang tingkah laku Stevens.

“Seorang perwakilan tim harus memegang standar setinggi mungkin, dan perilaku investor Golden State Warriors Mark Stevens semalam tidak dapat diterima dan tidak memiliki tempat di liga kami,” ujar Bass.

Akibat ulahnya sendiri, Stevens kini tidak bisa menonton sisa seri final. Ia bahkan tidak boleh berada di sekitar tim selama satu tahun. NBA telah menjatuhkan sanksi dan denda. Stevens harus mematuhinya. (GNP)

Foto: Getty Images

Komentar