IBL

Golden State Warriors harus bertekuk lutut di gim ketiga Final NBA 2019. Namun, Stephen Curry tampil gemilang di Oracle Arena, Oakland, California, Amerika Serikat, Rabu 5 Juni 2019 waktu setempat. Ia mencetak 47 poin, 8 rebound, dan 7 asis, juga memasukkan 6 tripoin dari 14 percobaan.

Dengan perolehan itu, Curry mencetak rekor baru. Ia menjadi pemain pertama dengan setidaknya 45 poin, 5 rebound, 5 asis, dan 5 tripoin di final. Namanya semakin banyak tercatat dalam sejarah NBA.

Sayangnya, Warriors dewasa ini tidak dalam kondisi yang bagus. Mereka tertinggal 1-2 di Final NBA. Beberapa pemain mereka cedera. Warriors bahkan harus kehilangan dua mesin poinnya: Kevin Durant (betis) dan Klay Thompson (hamstring). Belum lagi Kevon Looney juga harus menepi di sisa seri karena cedera tulang selangka.

Akibatnya, Curry seolah bermain sendiri di pertandingan ketiga. Warriors cenderung bertumpu kepadanya. Padahal mereka memiliki cukup amunisi untuk melawan Raptors. Meski tanpa Durant, Thompson dan Looney, mereka masih punya pemain sekaliber Draymond Green, Andre Iguodala, dan DeMarcus Cousins. Di atas kertas, mereka masih unggul seperti slogannya sendiri, Strength in Numbers.

Pada kenyataannya, Warriors tidak mampu memenangkan pertandingan. Mereka selalu tertinggal di tiap kuarter. Rekor Curry jadi tidak ada apa-apanya.

Kendati demikian, Warriors belum habis. Mereka masih akan bermain setidaknya dua pertandingan lagi. Pertandingan keempat bahkan masih akan berlangsung di kandang mereka di Oracle Arena. Curry dkk. bisa mencoba membalas kekalahan mereka di sana.

Dewasa ini, belum ada kabar apakah Durant dan Thompson bisa bermain di pertandingan keempat. Durant masih berkutat dengan cedera betisnya sejak Semifinal Wilayah Barat, sementara Thompson terkena cedera hamstring di pertandingan final kedua. Durant berusaha untuk pulih, Thompson masih melobi agar Warriors mau memainkannya.

Seandainya Warriors masih tidak bisa memainkan dua mesin poinnya, berarti mereka akan mengandalkan Curry lagi. Pertandingan keempat akan menjadi ajang pembuktian seorang peraih dua gelar pemain terbaik NBA. Apalagi Curry belakangan ini mendapat kritik atas perannya di Final NBA. Ia belum pernah meraih gelar pemain terbaik final, sehingga mendapat tekanan untuk meraihnya tahun ini.

Pertandingan keempat berlangsung lusa. Warriors akan kembali tampil di depan pendukungnya sendiri dalam kondisi tertinggal 1-2. Namun, mereka percaya kondisi itu bisa berubah. Curry dkk. akan berusaha. (GNP)

Foto: NBA

Komentar