IBL

Golden State Warriors harus bertekuk lutut karena kalah dari Toronto Raptors di pertandingan keempat Final NBA 2019. Namun, Stephen Curry tidak menyerah begitu saja. Ia terus memberi perlawanan sampai akhir. Curry mencetak 27 poin di Oracle Arena, Oakland, California, Amerika Serikat, Jumat 7 Juni 2019 waktu setempat.

Curry selalu mencetak lebih dari 20 poin di final tahun ini. Ia pun berhasil menggeser Scottie Pippen dan Dennis Johnson dalam daftar pencetak poin terbanyak di final. Pippen mencetak 664 poin sementara Johnson 676 poin selama kariernya di final. Curry menggesernya dengan 689 poin. Ia pun kini bertengger di peringkat 20.

Penampilan Curry di final sejauh ini relatif bagus. Ia bahkan sempat mencetak 47 poin di pertandingan ketiga. Namun, saat itu timnya harus kembali bertekuk lutut di hadapan Raptors.

Warriors kini tengah berada dalam situasi sulit. Mereka tertinggal 1-3 setelah kalah lagi di pertandingan keempat. Raptors tinggal selangkah menjadi juara. Warriors terancam gagal mempertahankan gelar.

Dalam kondisi demikian, tim asal Oakland itu akan sangat membutuhkan Curry di pertandingan kelima. Pertandingan itu akan menentukan apakah Warriors mampu memperpanjang seri atau tidak. Jika ingin memperpanjang seri, mereka harus bisa mengeluarkan kemampuan menembak garda utama andalannya seperti di pertandingan ketiga.

Curry sejauh ini mencetak rata-rata 28,4 poin di Playoff 2019. Ia menjadi pencetak angka utama ketika mesin poin lainnya absen. Beberapa pemain memang harus menepi karena cedera. Kevin Durant masih berkutat dengan cedera betis, sehingga tidak bisa membantunya mendulang poin. Sementara itu, Klay Thompson sempat mengalami cedera hamstring dan absen di pertandingan ketiga.

Dengan setidaknya satu pertandingan lagi, Curry juga berpotensi menggeser pemain lain dalam daftar pencetak poin terbanyak di final. Dwyane Wade berada satu peringkat di atasnya dengan 693 poin. Curry membutuhkan lima poin saja untuk melewatinya.  

Pertandingan kelima akan berlangsung tiga hari lagi. Curry dkk. mesti kembali terbang ke Toronto. Sebab, pertandingan berlangsung di Scotiabank, Toronto, Ontario, Kanada. Warriors hanya punya satu nyawa. Curry mesti berusaha keras untuk mengalahkan Raptors demi mempertahankan gelar juara. (put)

Foto: NBA

Komentar