IBL

Andre Iguodala menjadi satu-satunya pemain utama Golden State Warriors yang tidak mencetak dobel digit poin. Namun, perannya sangat penting dalam menentukan kemenangan di pertandingan ketiga Final NBA 2019 di Scotiabank, Toronto, Ontario, Kanada, Minggu 2 Juni 2019 waktu setempat. Iguodala mencetak tripoin di detik-detik akhir yang membuat Warriors menyegel kemenangan dengan skor 109-104.

Selepas pertandingan, awak media mengerubunginya. Mereka menanyakan motivasi Iguodala ketika bermain di pertandingan itu. Ia mengaku bermain untuk melindungi Stephen Curry.

“Saya melakukan apa pun untuk melindungi kebesarannya,” kata Iguodala.

Iguodala menilai Curry sebagai pemain yang baik. Namun, banyak orang melempar kritik kepadanya. Sebab, garda utama Warriors itu belum pernah mendapatkan gelar pemain terbaik di final. Padahal timnya sudah menjadi juara tiga kali dalam empat musim terakhir.

Iguodala sendiri mendapat gelar pemain terbaik final pada 2015 silam. Saat itu Warriors berhasil mengalahkan LeBron James dan Cleveland Cavaliers. Warriors kemudian tumbang dari Cavaliers pada 2016, sehingga gelar pemain terbaik tidak jatuh kepada salah satu pemain mereka. Sementara pada 2017 dan 2018, Kevin Durant yang mendapatkannya.

Dewasa ini, Durant tengah menepi karena cedera betis. Ia absen sejak pertandingan keenam di Semifinal Wilayah Barat. Absennya Durant membuat Curry berpotensi untuk merebut gelar pemain terbaik musim ini.

Selama dua pertandingan final, Curry menunjukkan tanda-tandanya. Ia selalu berhasil mencetak dobel digit poin. Curry mencetak 34 poin di pertandingan pertama, lalu 23 poin di pertandingan kedua.

Warriors kalah di pertandingan pertama, tetapi menang di pertandingan kedua. Kedudukan pun imbang 1-1. Kedua tim membutuhkan tiga kemenangan lagi untuk menjadi juara.

Pertandingan ketiga akan berlangsung di Oakland, California, Amerika Serikat. Warriors mesti menjamu Raptors di kandang mereka di Oracle Arena. Kemampuan Curry dkk. akan diuji kembali di hadapan pendukungnya sendiri. (GNP)

Klarifikasi: Mainbasket menyebutkan Andre Iguodala berperan menentukan kemenangan di pertandingan ketiga. Semestinya pertandingan kedua. Sebab, pertandinga  Final NBA 2019 baru berjalan dua pertandingan.

Foto: NBA

Komentar