IBL

J.J. Barea berharap bisa membela Puerto Rico di Piala Dunia FIBA 2019. Garda Dallas Mavericks itu menanti dirinya bermain lagi atas nama negaranya di Cina pada Agustus mendatang. Sayangnya, ia belum pulih dari cedera Achilles yang dideritanya sejak Januari lalu.

Barea sendiri mengaku kondisinya sudah membaik belakangan ini. Namun, ia tidak akan memutuskan apa pun sampai saatnya tiba. Setidaknya ia tidak akan memutuskan apa pun sampai beberapa minggu sebelum gelaran Piala Dunia.

Barea mengatakan itu karena kondisi cederanya tidak menentu. Apalagi cedera Achilles termasuk cedera yang membutuhkan waktu pemulihan cukup lama. Biasanya 10-12 bulan. DeMarcus Cousins, senter Golden State Warriors, misalnya, membutuhkan waktu satu tahun untuk bisa kembali ke pertandingan. Barea mengalami cedera itu pada Januari lalu, sementara Piala Dunia bergulir pada akhir Agustus.

Hanya ada waktu delapan bulan sampai saat itu tiba.

Kendati demikian, Barea terus berusaha untuk pulih secepatnya. Ia belakangan ini sibuk berlatih bersama tim pelatih Mavericks berikut staf mediknya. Ia bahkan menghubungi bekas rekan setimnya, Wesley Matthews, yang pernah mengalami Achilles. Matthews kebetulan pulih kurang dari delapan bulan.

Barea melakukan apa pun untuk pulih. Ia ingin tampil di Piala Dunia karena itu bisa jadi penampilan terakhirnya bersama Puerto Rico.

Sementara itu, untuk urusan karier di NBA, Barea berencana memperpanjang kontrak dengan Mavericks. Ia ingin tetap di Dallas untuk beberapa waktu.

Pada 2018-2019, Barea tampil sebanyak 38 kali. Ia mencetak rata-rata 10,9 poin, 2,5 rebound, dan 5,6 asis. Ia menjadi pemain veteran yang berguna untuk mengisi slot di unit kedua. Sayangnya, cedera terpaksa menepikannya. (GNP)

Foto: NBA

Komentar