IBL

Minggu malam, 2 Desember 2018, waktu setempat, Dallas Mavericks melakoni lanjutan laga NBA menghadapi pimpinan klasemen sementara Wilayah Barat, Los Angeles Clippers. Kedua tim tampil ngotot sepanjang laga yang digelar di American Airlines Center, Dallas, Texas, Amerika Serikat. Hal tersebut terbukti dengan skor yang masih sama kuat 107-107 di sisa satu menit laga.

Mavericks lantas memainkan pertahanan apik di sisa laga yang membuat Clippers hanya mampu mencetak tiga poin berbanding tujuh milik Mavericks. Tim asuhan Rick Carlisle ini menutup laga dengan kemenangan dua bola, 114-110.

Pertahanan sempurna di akhir laga tersebut dipimpin oleh dua pemain, DeAndre Jordan dan Dennis Smith Jr. Jordan berhasil membuat steal saat Lou Williams membawa bola untuk Clippers. Selang dua penguasaan bola, Smith berhasil menghentikan upaya serangan Tobias Harris dengan sebuah blok. Keduanya lantas menciptakan lima dari tujuh poin terakhir yang diciptakan oleh Mavericks.

Kemenangan ini menjadi kemenangan ke-11 untuk Mavericks dari 21 laga yang sudah dilakoni. Mavericks kini ikut serta dalam perebutan peringkat delapan besar Wilayah Barat. Di sisi lain, kemenangan ini menjadi kemenangan ketujuh beruntun bagi Mavericks di kandang sendiri. Total di musim ini, Mavericks sudah memainkan 11 laga kandang dan hanya dua kali kalah, atas Utah Jazz dan New York Knicks.

Sebaliknya bagi Clippers, kekalahan ini memutus tren positif selalu menang dalam empat laga terakhir. Pun begitu, Clippers masih menjadi tim terkuat di Wilayah Barat dengan 15 kemenangan dari 22 laga. Kini rekor tim asuhan Doc Rivers tersebut disamai oleh Denver Nuggets dan sangat mungkin dikejar oleh Oklahoma City Thunder (14-7).

Selain menjadi penentu kemenangan tim, Jordan memang tampil trengginas di laga perdana melawan tim yang ia perkuat selama 10 musim ini. Turun selama 34 menit, Jordan mencatatkan dobel-dobel dengan 16 poin dan 23 rebound. Harrison Barnes menjadi top skor di laga ini dengan 30 poin dan 9 rebound. Dorian Finney-Smith mencetak 10 poin dan 7 rebound sementara Wesley Matthews mengemas 14 poin dan 6 rebound. J.J. Barea yang memulai laga dari bangku cadangan menjadi top skor kedua untuk Mavericks dengan catatan 24 poin, 5 rebound, dan 4 asis.

Sementara di kubu Clippers, ada lima pemain yang mencetak setidaknya 10 poin. Top skor tim kali ini datang dari kekuatan bangku cadangan mereka usai Monterzl Harrell mengemas dobel-dobel, 23 poin dan 10 rebound. Lou Williams yang juga memulai laga dari bangku cadangan menyusul dengan 21 poin dan 8 asis. Danilo Gallinari mencetak 21 poin sementara Tobias Harris menambahkan 15 poin. Avery Bradley melengkapi daftar dengan catatan 12 poin.

Kesucian kandang Mavericks akan kembali menadapatkan ujian di laga selanjutnya. Kali ini, mereka akan kedatangan tamu, Portland Trail Balzers, lusa, waktu setempat. Sementara Clippers masih akan menyandang status tamu di laga selanjutnya saat berkunjung ke markas New Orleans Pelicans, esok. (DRMK)

Foto: mavs.com

 

Komentar