IBL

Timnas 3x3 Putra Indonesia harus pulang lebih awal dari ajang FIBA 3x3 Piala Asia (Asia Cup) 2019, di Changsha, Cina. Indonesia kalah dua kali beruntun di babak penyisihan melawan Cina Taipei dan Kazakhstan.

Indonesia berada di Grup D bersama Kazakhstan dan Cina Taipei. Dari dua lawannya tersebut, Indonesia merupakan unggulan keenam di turnamen tersebut. Mereka juga tidak ikut babak kualifikasi. Tetapi justru Indonesia gugur lebih dahulu.

Di laga pertama, Indonesia berhadapan dengan Cina Taipei. Sebelumnya, Cina Taipei berlaga di babak kualifikasi dan berhasil mengalahkan Vietnam (21-18), Kyrgyztan (14-13), dan Sri Langka (19-10).

Pertandingan Indonesia melawan Cina Taipei berlangsung sengit hingga detik-detik terakhir. Skor 20 sama terjadi di sisa 42 detik. Indonesia punya kesempatan memenangkan laga, namun Reza Guntara gagal menangkan umpan Rizky Effendi. Sehingga hilang kesempatan mencetak poin kemenangan.

Sebaliknya, Yun-Hao Chu mampu mencetak satu poin saat mendapatkan kesempatan menyerang. Pertandingan berakhir dengan skor 21-20 untuk kemenangan Cina Taipei. Yun-Hao Chu mencetak poin terbanyak untuk Cina Taipei dengan torehan 10 poin. Di tim Indonesia, Kevin Yonas menghasilkan tujuh poin, Rizky Effendi enam poin, Reza Guntara lima poin, dan Danny Ray dua poin.

Setelah kalah dari Cina Taipei, Indonesia dikalahkan Kazakhstan di laga kedua. Kali ini Indonesia bermasalah dengan akurasi tembakan, khususnya tembakan dua angka. Indonesia memimpin 10-8 di sisa empat menit laga berjalan. Setelah itu, Kazakhstan mendapatkan momentum kebangkitan dengan mencetak satu poin diikuti dua tembakan dua poin beruntun. Skor berbalik menjadi 13-10 untuk Kazakhstan.

Setelah itu, Indonesia tidak bisa mengembalikan keunggulan hingga laga berakhir. Indonesia kalah 14-17 atas Kazakhstan. Di tim Indonesia, Kevin Yonas dan Danny Ray sama-sama menyumbang lima poin, lalu Reza Guntara menambahkan empat poin. Sebaliknya, Ruslan Aitkali menjadi aktor kemenangan Kazakhstan dengan torehan delapan poin.

Dalam dua edisi terakhir, Timnas 3x3 Putra Indonesia belum bisa lolos ke babak playoff. Pada FIBA 3x3 Piala Asia 2018 di Zhenzhen, Indonesia bahkan tidak lolos di babak kualifikasi. Mereka menang dua kali dari lima pertandingan. Sementara itu, pada edisi 2019, Indonesia gugur di babak penyisihan grup. (tor)

Foto: fiba.basketball

Komentar