IBL

Foto Kawhi Leonard di media-media basket akan semakin sering Anda saksikan sepanjang playoff ini. Kawhi yang menjalani musim perdananya bersama Raptors tampil “kesetanan” di babak ini. Secara statistik, Kawhi hanya gagal tiga kali menjadi top skor pertandingan Raptors dari 17 gim playoff yang sudah mereka lakoni. Dua kali ia berada di bawah Pascal Siakam sementara satu lainnya ditempati oleh Kyle Lowry.

Jika melalui perhitungan rata-rata, Kawhi kini menorehkan catatan 31,4 poin, 8,4 rebound, dan 3,6 asis per gim. Di perhitungan persentase secara tradisional, FG% Kawhi berada di angka 51 persen sementara untuk 3P%, ia memiliki catatan 41 persen. Secara statistik lanjutan (advanced), alumnus San Diego State University ini memiliki eFG% 56,6 persen dan TS% di angka 63,1 persen.

Catatan 31,4 poin tersebut merupakan yang tertinggi sepanjang tujuh musim penampilannya di playoff. Sementara untuk catatan rebound dan asis, keduanya menjadi yang terbaik kedua sepanjang karir Kawhi. Ia pernah mengemas rataan 9,0 asis per gim pada NBA Playoff 2013 dan 4,6 asis per gim di NBA Playoff 2017.

Selain itu, rataan 31,4 poin dan 8,4 rebound tersebut juga menempatkan Kawhi di jajaran elit NBA. Sepanjang sejarah NBA, hanya ada empat pemain yang mampu membukukan rataan setidaknya 30,0 poin dan 8,0 rebound per gim dengan minimal 15 gim playoff di satu musim. Empat pemain tersebut adalah Kareem Abdul Jabbar (2 kali), Hakeem Olajuwon, Shaquille O’Neal (2), dan LeBron James (4).

Dari sederet nama tersebut, hanya Kareem dan LeBron yang gagal menutup musim sebagai juara. Kareem kalah atas Boston Celtics pada final NBA 1974 sementara LeBron takluk atas Golden State Warriors di tiga pertemuan (2015, 2017,2018).

Peluang Kawhi untuk terus memperbaiki catatan pribadinya masih sangat terbuka. Keunggulan (3-2) atas Milwaukee Bucks membuka peluang Raptors untuk melaju ke final NBA 2019 semakin terbuka. Baik Raptors dan Bucks kini sedang melakoni perjalanan kembali ke Scotiabank Arena, Toronto, Ontario, Kanada, untuk melakoni gim keenam yang akan digelar lusa, waktu setempat. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar