IBL

Kawhi Leonard semakin menegaskan dirinya sebagai salah satu pemain terbaik dalam sejarah NBA. Ia mengantarkan Toronto Raptors memenangkan pertandingan keempat dengan skor 105-92. Leonard mencetak 36 poin di Oracle Arena, Oakland, California, Amerika Serikat, Jumat 7 Juni 2019 waktu setempat.

Dengan perolehan itu, Leonard kini sejajar dengan Kobe Bryant dan LeBron James. Ketiganya memegang rekor sebagai pencetak 30+ poin terbanyak di playoff selama 10 tahun terakhir.

Leonard sudah mengoleksi 14 30+ poin di playoff 2019. Ia tampil mengesankan selama pertandingan pascamusim reguler. Raptors bisa tembus ke Final NBA karenanya.

Tim asal Toronto itu kini bahkan unggul 3-1. Mereka membutuhkan satu kemenangan lagi dari Golden State Warriors untuk menjadi juara. Leonard bisa menambah setidaknya satu 30+ poin lagi.

Pertandingan keempat akan berlangsung tiga hari lagi. Raptors mesti menjamu Warriors di Scotiabank, Toronto, Ontario, Kanada. Leonard akan menyiapkan dirinya untuk memberikan yang terbaik. Ia selalu ingin memberikan 100 persen kemampuannya untuk memenangkan kejuaraan. Raptors tinggal selangkah lagi menjadi juara.

Kendati demikian, Warriors juga belum benar-benar mati. Mereka masih punya kesempatan untuk memperpanjang seri. Meski sulit, Warriors bukan tidak mungkin bisa melakukannya. Dalam sejarah NBA, hanya ada satu tim yang pernah menjadi juara setelah tertinggal 1-3. Mereka adalah Cleveland Cavaliers pada 2016.

Sayangnya, Warriors tengah dilanda badai cedera. Kevin Durant masih berkutat dengan masalah betis. Klay Thompson dan Kevon Looney juga sempat mengalami cedera. Mereka absen di pertandingan ketiga, tetapi berhasil tampil di pertandingan keempat.

Raptors sendiri sejauh ini tidak peduli lawannya lengkap atau tidak. Mereka hanya fokus pada pertandingan di depan. Leonard dkk. ingin melumat Warriors seperti apa pun kondisinya. Jika mereka berhasil melakukan itu, berarti Raptors akan mencetak sejarah baru sebagai tim luar Amerika Serikat pertama yang juara. (put)

Foto: NBA

Komentar