IBL

Semifinal pertama di NBA Playoff 2019 akan mempertemukan dua wakil Wilayah Timur, Toronto Raptors melawan Philadelphia 76ers. Karena menutup musim reguler di peringkat dua, Raptors menjadi pihak yang mendapatkan keuntunggan laga kandang (home court advantage).

Meski kedua tim saya prediksi lolos ke semifinal, proses keduanya melaju tidak sesuai perkiraan saya. Raptors yang saya prediksi bisa melenggang mulus dengan sapu bersih ternyata takluk di gim pertama. Di gim ketiga pun, mereka sempat sedikit mengalami kesulitan meski akhirnya tetap menang dan menutup seri dalam lima gim.

Sebaliknya, Sixers saya prediksi akan mendapatkan ganjalan besar dari Booklyn Nets justu bisa lolos lebih cepat. Saya memprediksi mereka akan lolos dalam enam laga, tapi berhasil melaju hanya dengan lima gim. Menariknya, kedua tim ini sama-sama menelan kekalahan di gim perdana mereka lalu.

Di pertemuan semifinal ini, sejarah tidak cukup berpihak kepada Sixers. Dalam 13 lawatan terakhir ke kandang Raptors, Sixers selalu keok. Bahkan dalam kurun lima musim terakhir, Sixers hanya mampu mencuri tiga kemenangan dari total 24 kali pertemuan mereka.

Di musim reguler lalu pun, Sixers hanya mampu meraih satu kemenangan dari empat pertemuan. Masih dalam empat pertemuan kedua tim di musim reguler, Sixers rata-rata membuat 20,7 turnover per gim. Salah satu hal yang tentunya harus mereka kurangi dalam pertemuan di babak penentuan seperti ini.

Sedikit harapan mungkin bisa disematkan kepada Sixers dan pendukungnya lantaran semua pertemuan di musim reguler tersebut terjadi sebelum Sixers “berbenah.” Ya, empat pertemuan tersebut terjadi sebelum Februari, batas akhir tukar pemain. Jadi, mungkin saja peruntungan mereka bisa berubah seiring kehadiran pemain seperti Tobias Harris, Boban Marjanovic, James Ennis, hingga Mike Scott.

Nama yang terakhir disebut juga sudah membuktikan dirinya berpotensi sebagai perubah permainan kala membantu memenangi gim keempat melawan Nets lalu. Tripoin Mike di detik-detik akhir membuat langkah Sixers menyudahi perlawanan Nets di gim kelima jauh lebih mudah.

Menilik ke statistik secara tim, tempo permainan dan akurasi akan menjadi penentu tim mana yang memenangi gim atau bahkan seri. Di putaran pertama lalu, rata-rata penguasaan bola (pace) Sixers adalah 105,6 per gim. Jumlah tersebut merupakan yang tertinggi di antara tim-tim playoff yang juga menunjukkan betapa cepatnya tempo permainan Sixers. Sebaliknya, Raptors memiliki pace rata-rata 95,7 per gim, rataan terendah di liga setelah San Antonio Spurs dan Denver Nuggets.

Maka, jika Sixers ingin menang, mereka harus terus memaksa Raptors bermain dengan tempo cepat. Begitu pula sebaliknya, jika Sixers mengikuti permainan lambat Raptors, mereka akan dilumat dengan mudah. Hal tersebut lantaran Raptors tidak hanya lambat, mereka juga mematikan. Rataan eFG% mereka berada di peringkat tiga dengan 55,0 persen.

Kawhi Leonard adalah tokoh utama yang wajib dihentikan oleh Sixers. Dalam lima gim playoff, Kawhi membukukan rataan 27,8 poin, 6,6 rebound, 3,0 asis, dan 1,2 steal per gim. Tak hanya itu, Kawhi juga memiliki eFG% 63 persen dan TS% menyentuh 67 persen, mungkin salah satu pemain paling efisien yang ada di liga sekarang.

Sementara dari kubu Raptors, pemain yang harus mereka jaga ketat adalah Joel Embiid. Pemain ini sangat mungkin menjadi salah satu pemain paling dominan di masa mendatang jika terus meningkatkan kesehatannya. Tampil di empat dari lima gim Sixers di putaran pertama, Joel membukukan 24,8 poin, 13,5 rebound, dan 2,8 blok. Untuk efisiensi, ia memiliki eFG% di angka 53 persen dan TS% di angka 60 persen.

Selain kedua pemain tersebut, saya rasa kedua tim ini mempunyai barisan sarter yang seimbang. Oleh karena itu, hal lain yang akan sangat bisa menjadi penentu hasil pertarungan kedua tim ini adalah barisan cadangan.

Secara ukuran tubuh, Sixers lebih diuntungkan dengan kehadiran Jonah Bolden, Boban, Mike, Jonathan Simmons, hingga Greg Monroe. Sementara Raptors akan mengandalkan kecepatan dan akurasi dari Fred VanVleet, Norman Powell, Jeremy Lin, hingga OG Anunoby. Namun, berdasarkan statistik, Sixers lebih unggul dengan rataan pemain cadangan mereka menyumbangkan 36,6 poin per gim berbanding hanya 28,2 poin per gim dari Raptors.

Raptors dalam lima gim.

Foto: NBA

 

Komentar