IBL

Duel tim papan atas klasemen sementara Wilayah Timur tersaji di Scotiabank Arena, Toronto, Ontario, Kanada, Rabu malam, 5 Desember 2018, waktu setempat. Pemuncak klasemen, Toronto Raptors menjamu peringkat tiga, Philadelphia 76ers. Sempat berlangsung ketat di tiga kuarter pertama, faktor kesalahan sendiri (turnover) menjadi pembeda di laga ini. Banyaknya turnover yang dibuat Sixers membuat  Raptors berhasil meraih kemenangan 113-102.

Total ada 21 turnover yang dibuat Sixers di laga ini berbanding hanya 11 yang dibuat oleh Raptors. Hal ini membuat Raptors mendapatkan kesempatan menembak lebih banyak dengan 100 percobaan berbanding hanya 88 tembakan yang dilepaskan oleh Sixers. Ditambah dengan 17 kali offensive rebound yang diraih tim asuhan Nick Nurse, Raptors semakin leluasa memperlebar jarak.

Kemenangan ini membawa Raptors kembali ke jalur kemenangan usai kalah dalam laga selanjutnya. Kekalahan atas Denver Nuggets tersebut menjadi satu-satunya kekalahan yang mereka derita dalam 10 laga terakhir. Selain itu, kemenangan ini juga menjadi kemenangan ke-21 Raptors dalam 26 laga yang sudah dimainkan. Raptors menjadi satu-satunya tim yang hingga kini baru menderita lima kekalahan.

Sebaliknya bagi Sixers, kekalahan ini memutus rangkaian empat laga tanpa kalah mereka. Dalam 10 laga terakhir, ini menjadi kekalahan kedua tim asuhan Brett Brown. Sixers masih tertahan di peringkat tiga klasemen sementara Wilayah Timur dengan rekor menang-kalah 17-9.

Kawhi Leonard tampil superior di laga ini usai mengemas 36 poin, 9 rebound, dan 5 steal dengan akurasi keseluruhan mencapai 54 persen. Jonas Valanciunas yang memulai laga dari bangku cadangan dengan mencetak 26 poin dan 8 rebound selama 18 menit di lapangan. Serge Ibaka menjadi pemain ketiga yang mencetak 10 poin atau lebih dengan kemasan 18 poin plus 8 rebound. Kyle Lowry cukup terhambat di laga ini dengan hanya mengemas 7 poin, 4 rebound, 4 asis, dan 3 steal.

Dari kubu Sixers juga hanya ada tiga pemain yang mencetak angka dengan digit ganda. Jimmy Butler menjadi top skor tim dengan dobel-dobel 38 poin dan 10 rebound. Joel Embiid juga mencatatkan dobel-dobel 10 poin plus 12 rebound. Ben Simmons menjadi pemain ketiga dengan dobel-dobel usai mengemas 8 poin, 10 rebound, dan 11 asis. J.J. Redick melengkapi daftar dengan 25 poin dan 4 asis.

Sixers masih akan menjalani laga selanjutnya dengan status tamu kala berkunjung ke markas Detroit Pistons, lusa, waktu setempat. Sementara Raptors akan memulai laga tandang mereka dengan menyambangi markas Brooklyn Nets, di hari yang sama. (DRMK)

Foto: Twitter, @NBA

 

Komentar