IBL

Gim keempat final Wilayah Barat antara Golden State Warriors melawan Portland Trail Blazers digelar Senin malam, 20 Mei 2019, waktu setempat. Masih bertempat di Moda Center at the Rose Quarter, Portland, Oregon, Amerika Serikat, gim berlangsung serupa dengan gim ketiga. Blazers seolah akan memenangi gim usai unggul hingga dua digit di paruh pertama. Lalu, Warriors seolah “baru bangun tidur” untuk mengejar ketinggalan mereka di sisa gim.

Warriors lantas berhasil menyamakan kedudukan tepat sebelum kuarter empat berakhir. Hal tersebut memaksa gim berlanjut ke babak tambahan waktu (overtime). Saat waktu tersisa 2,5 detik, Draymond Green yang tanpa penjagaan di area sayap melepaskan tripoin yang mulus masuk ke jaring. Tripoin tersebut membuka jarak dua poin ke dua tim. Upaya Blazers melalui tripoin Damian Lillard selanjutnya gagal menemui sasaran dan Warriors menang 119-117 (4-0).

Selain tembakan kemenangan tersebut, Draymond juga menutup laga dengan catatan tripel-dobel. Bermain selama 43 menit, Draymond membukukan 18 poin, 14 rebound, 11 asis, 3 steal, dan 2 blok dari 7/13 tembakan. Ini adalah tripel-dobel kedelapan untuk Draymond sepanjang penampilannya di playoff.

Tak hanya Draymond, Stephen Curry juga mencetak tripel-dobel. Steph bermain selama 47 menit dan mengemas 37 poin, 13 rebound, plus 11 asis dari 7/16 tembakan. Untuk Steph, ini adalah tripel-dobel keduanya sepanjang aksinya di playoff.

Di luar kedua pemain tersebut, ada tiga pemain Warriors yang mengemas dua digit poin. Klay Thompson mencetak 17 poin dan 6 rebound sementara Alfonzo McKinnie menambahkan 12 poin plus 2 rebound. Alfonzo sendiri memulai gim sebagai pemain utama (starter) seiring cederanya Andre Iguodala. Kevon Looney melengkapi daftar meski memulai gim dari bangku cadangan dengan dobel-dobel, 12 poin plus 14 rebound.

Hasil ini membawa Warriors lolos ke final NBA selama lima musim beruntun. Dalam sejarah NBA, hanya ada satu tim lain yang mampu melakukan hal serupa. Tim tersebut adalah Boston Celtics yang masih dinaungi Bill Russell. Artinya, tidak ada tim yang mampu melakukan hal ini sejak tahun 60-an. Celtics era Bill Russell sendiri total melaju ke final selama 10 musim beruntun dan menjadi juara di sembilan penampilan dengan delapan di antaranya terjadi beruntun.

Warriors akan mendapatkan jatah libur lebih banyak sebelum menghadapi pemenang antara Milwaukee Bucks dan Toronto Raptors di final Wilayah Timur. Partai pertama final NBA sendiri direncanakan digelar 30 Mei 2019, waktu setempat. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar