IBL

Senin malam, 15 April 2019, waktu setempat, partai kedua antara Los Angeles Clippers dan Golden State Warriors digelar. Masih bertempat di Oracle Arena, Oakland, California, Amerika Serikat, Warriors seolah akan memenangi gim ini dengan mudah. Unggul 23 poin di paruh pertama, bahkan bertambah hingga 31 poin di awal kuarter tiga, Warriors sudah mulai melakukan rotasi pemain.

Ternyata, 31 poin tersebut menjadi titik balik kebangkitan Clippers. Clippers bak kembali “hidup” di sisa gim dengan serangan yang efektif dan pertahanan yang disiplin. Poin demi poin mereka pangkas hingga akhirnya untuk pertama kalinya mereka unggul di sisa 15,9 detik pertandingan.

Keunggulan tersebut datang dari tripoin Landry Shamet memanfaatkan asis dari Shai Gilgeous-Alexander. Upaya Warriors untuk menyamakan kedudukan melalui tripoin Stephen Curry gagal, Clippers menang 135-131. Total Clippers mencetak 85 poin di paruh kedua berbanding 58 dari Warriors.

Aksi heroik Clippers ini menjadi sejarah baru di NBA Playoff. Kembali setelah tertinggal 31 poin adalah rekor terbesar di NBA. Sebelumnya, tetangga Clippers, Los Angeles Lakers, pernah melakukan comeback dari 29 poin atas Seattle Supersonics pada 1989. Ketinggalan 29 poin itupun terjadi di paruh pertama pertandingan yang semakin membuat catatan Clippers semakin heroik.

Meski Shamet menjadi penentu kemenangan Clippers, tokoh utama kebangkitan mereka adalah Lou Williams. Williams mencetak 36 poin dan 11 asis hanya selama 33 menit bermain dari bangku cadangan. Ia memasukkan 13/22 tembakannya yang setara dengan 59 persen. Duetnya dari bangku cadangan, Montrezl Harrell menyusul juga dengan dobel-dobel, 25 poin dan 10 rebound.

Danilo Gallinari menjadi pencetak angka terbanyak dari barisan utama (starter) dengan 24 poin dan 6 asis. Termasuk tembakan kemenangan tersebut, Shamet total mengemas 12 poin dan 4 rebound yang semuanya berasal dari tripoin. JaMychal Green mengemas 13 poin dan 7 rebound sementara Patrick Beverley melengkapi daftar dengan 10 poin dan 5 asis.

Dari kubu Warriors, Curry kembali menjadi yang tersubur dengan 29 poin dan 6 asis. Kevin Durant menyusul dengan 21 poin, 5 rebound, dan 5 asis. Sayangnya, Durant harus meninggalkan lapangan lebih cepat karena terkena fouled out di sisa empat menit gim. Durant menyusul Beverley dari Clippers yang juga fouled out beberapa menit sebelumnya.

Klay Thompson lebih produktif di gim ini dengan 17 poin dan 3 rebound. Draymond Green menambahkan 14 poin dan 9 asis. Kevon Looney yang mendapatkan jatah 19 menit bermain menghasilkan 19 poin dan 5 rebound. Quinn Cook melengkapi daftar dengan 11 poin.

Selain harus menderita kekalahan, Warriors juga harus merugi lantaran sentr utama mereka, DeMarcus Cousins terkena cedera. Ia bermasalah pada paha kirinya saat gim baru berjalan empat menit. Belum ada kepastian seberapa parah cederanya, Cousins direncanakan menjalani pemeriksaan mala mini.

Kedua tim akan bergerak ke Los Angeles, California, lebih tepatnya ke Staples Center, markas Clippers untuk gim 3 dan 4. Gim ketiga akan digelar tiga hari lagi. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar