IBL

Stephen Curry dan tripoin adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Hal tersebut semakin terbukti dalam laga perdana NBA Playoff yang mempertemukan antara Golden State Warriors dan Los Angeles Clippers. Bermain di Oracle Arena, Oakland, California, Amerika Serikat, Warriors perkasa sejak tepis mula. Warriors selalu dalam posisi unggul salah satunya berkat sumbangsih besar tripoin Curry.  Warriors memenangi gim yang digelar Sabtu, 13 April 2019, waktu setempat ini dengan skor akhir 121-104. Warriors unggul (1-0) dalam format tujuh gim.

Curry total mengemas 38 poin, 15 rebound, dan 7 asis selama 37 menit. Dari 38 poin tersebut, 24 datang dari delapan kali tembakan tiga angka. Delapan tembakan masuk tersebut hanya berasal dari 12 percobaan yang setara dengan 67 persen.

Selain itu, delapan tembakan tersebut menggenapi 386 tripoin yang ia ciptakan selama bermain di babak playoff. Jumlah tersebut adalah yang terbanyak sepanjang sejarah NBA. Curry berhasil melewati salah satu penembak tripoin terbaik sepanjang masa yang juga legenda NBA, Ray Allen. Allen sendiri total membukukan 385 tripoin dalam 171 gim sementara Curry membutuhkan hanya 91 gim.

Dari jumlah gim tersebut, Allen melepaskan 959 tripoin yang setara dengan 5,6 tripoin per gim. Sementara Curry sejauh ini sudah melepaskan 939 tripoin, setara dengan 10,3 tripoin per gim. Jumlah yang nyaris dua kali lipat ini menjadi salah satu bukti perubahan gaya bermain NBA yang salah satunya memang dipelopori oleh Curry. Menariknya, akurasi kedua pemain ini nyaris sama. Allen mencatatkan 40,1 persen sementara Curry 41 persen.

“Berada dalam satu kategori yang sama dan berhasil melewati pencapaian pemain seperti Ray Allen serta segala yang telah ia lewati di babak playoff dan final NBA tentu sangat menakjubkan,” ujar Curry kepada awak media seusai gim. “Saya merasa sangat bangga dan bersyukur atas semua kesempatan yang saya dapat. Saya sering bercanda, jika saya menembak banyak tripoin, sebaiknya saya harus memasukkan banyak di antaranya dan sekarang di sinilah saya,” tutupnya.

Di belakang Curry, ada tiga pemain utama lain yang mencetak dua digit poin. Kevin Durant menambahkan 23 poin, 4 rebound, 3 asis, dan 3 blok selama 32 menit. Sayangnya, ia dan Patrick Beverley terkena ejected setelah dianggap wasit berseteru satu sama lain. Draymond Green menambahkan 17 poin, 7 rebound, dan 7 asis sementara Klay Thompson melengkapi daftar dengan 12 poin.

Dari kubu Clippers, top skor datang dari duet pemain cadangan mereka, Montrezl Harrell dan Lou Williams. Harrell mengemas 26 poin dan 5 rebound selama 30 menit bermain sementara Williams mencetak 25 poin dan 9 asis dengan dua menit lebih banyak dari Harrell. Ruki, Shai Gilgeous-Alexander membukukan 18 poin dan 5 rebound. Danilo Gallinari 15 poin dan 8 rebound sementara Jamychal Green melengkapi daftar dengan 10 poin dan 6 rebound.

Kedua tim akan kembali bertemu di tempat yang sama lusa, waktu setempat. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar