IBL

Cleveland Cavaliers akhirnya berhasil merekrut asisten pelatih baru. Mereka mendapatkan J.B. Bickerstaff untuk membantu Kepala Pelatih John Beilein. Bickerstaff akan menjadi asiten pelatih utama di staf kepelatihannya.

Menurut laporan Adrian Wojnarowski, ESPN, Bickerstaff akan menjadi asiten pelatih dengan bayaran tertinggi di NBA. Namun, Cavaliers belum menerangkan besaran dan durasi kontraknya. Manajer Umum Koby Altman hanya mengaku senang dengan kedatangannya.

“J.B. menghabiskan seluruh hidupnya di dalam dan di sekitar basket, dan pengetahuannya tentang liga dan permainan ini akan membawa spektrum penuh nilai bagi tim,” kata Altman dalam siaran persnya. “Pendekatannya dalam melatih dan semua yang ada padanya di dalam dan di luar lapangan adalah bentuk perspektif, komitmen, dan integritas yang kami inginkan untuk budaya dan pertumbuhan yang akan kami kembangkan di sini.”

(Baca juga: Gagal Dapatkan Tyronn Lue, Los Angeles Lakers Incar J.B. Bickerstaff)

Beberapa bulan ini, Bickerstaff juga sempat menemui beberapa klub untuk lowongan pekerjaan pelatih. Ia telah bertemu Philadelphia 76ers, Boston Celtics, Los Angeles Lakers, dan Sacramento Kings. Namun, ia tidak juga merapat ke salah satu tim itu. Altman justru berhasil meyakinkannya untuk merapat ke Cleveland. Cavaliers membutuhkannya untuk membantu transisi Beilein dari liga kampus ke profesional.

Beilein bahkan ikut senang dengan kedatangan Bickerstaff. Ia merasa beruntung memiliki kesempatan untuk bekerja sama dengan bekas kepala pelatih Memphis Grizzlies itu.

“Dia adalah pelatih yang dihormati dan berprestasi. Saya sangat senang dan beruntung memilikinya di samping saya,” ujar Beilein. “Ketika saya berbicara dengan J.B., saya segera menyadari bahwa kami memiliki banyak nilai, prinsip, dan pandangan yang sama tentang melatih bola basket dan budaya tim.”

(Baca juga: Pelatih Baru Cleveland Cavaliers Incar J.B. Bickerstaff sebagai Asisten)

Bickerstaff sendiri punya relasi kuat dengan Cavaliers. Ayahnya, Bernie Bickerstaff, merupakan penasihat senior tim asal Ohio tersebut. Ia akan mendapatkan bantuan dari orang terdekat untuk mengenal kultur tim lebih cepat.

Sebelum merapat ke Cavaliers, Bickerstaff menjadi kepala pelatih Grizzlies selama dua musim. Ia juga sempat menjadi asisten pelatih di Charlotte Bobcats (sekarang Charlotte Hornets), Minnesota Timberwolves, dan Houston Rockets. Dengan tawaran Cavaliers, ia akan kembali menjabat posisi lamanya. (GNP)

(Baca juga: Brad Stevens Wawancarai J.B. Bickerstaff untuk Jadi Asisten Pelatih)

Foto: NBA

Komentar