IBL

Cleveland Cavaliers mengejutkan semua orang dengan merekrut John Beilein sebagai kepala pelatih. Beilein sebelumnya merupakan kepala pelatih tim bola basket University of Michigan. Ia baru pertama kali melatih klub NBA.

Kendati begitu, Beilein sarat berpengalaman dalam melatih tim. Ia memiliki berbagai gelar nasional bersama tim-tim amatir. Ia bahkan sejajar dengan nama-nama beken seperti Roy Williams, Mike Krzyzewski, Jay Wright, John Calipari, dan Brad Stevens yang dewasa ini melatih Boston Celtics. Mereka sejajar dalam hal meraih prestasi nasional.

Sebagai langkah awal bersama Cavaliers, Beilein hendak membentuk staf pelatih yang kuat. Ia ingin merekrut asisten dengan pengalaman NBA. Beilein mengincar J.B. Bickerstaff yang tengah menganggur belakangan ini.

(Baca juga: Cleveland Cavaliers Rekrut Kepala Pelatih John Beilein)

Bickerstaff sebelumnya juga sempat dekat dengan Cavaliers. Klub asal Ohio itu mewawancarainya untuk mengisi lowongan kepala pelatih. Namun, Cavaliers lebih memilih Beilein menjadi nakhoda mereka.

Selain Cavaliers, Los Angeles Lakers melakukan hal yang sama. Mereka mewawancarai Bickerstaff untuk mengisi lowongan kepala pelatih. Namun, pada akhirnya, Lakers memilih Frank Vogel sebagai kepala pelatih—berikut Jason Kidd untuk mengisi posisi asisten.

Bickerstaff sendiri sudah menganggur sejak 2018-2019. Memphis Grizzlies memecatnya pada akhir musim. Sebab, Bickerstaff gagal membuat Grizzlies menjadi klub mengerikan di wilayah barat. Ia mencetak rekor buruk 48-97 dalam dua musim.

Sebelum bersama Grizzlies, Bickerstaff punya pengalaman sebagai asisten pelatih. Ia merupakan bekas asisten pelatih Charlotte Bobcats (kini Charlotte Hornets), Minnesota Timberwolves, dan Houston Rockets. Beilein mempertimbangkan Bickerstaff karena memiliki pengalaman-pengalaman itu, terutama karena ia sendiri baru pertama kali memegang klub NBA. (GNP)

Foto: NBA

Komentar