IBL

Cleveland Cavaliers merekrut nama baru sebagai kepala pelatih. Mereka sepakat untuk membawa John Beilein ke Ohio pada Minggu, 12 Mei 2019 waktu setempat. Beilein, 65 tahun, akan menjadi pelatih baru Cavaliers selama lima musim ke depan.

Perekrutan pelatih baru Cavaliers memang tidak banyak dibicarakan. Namun, menurut Joe Vardon, The Athletic, Manajer Umum Koby Altman telah mewawancarai sekitar 10 orang asisten pelatih NBA.

Pada akhirnya pilihan justru berlabuh kepada Beilein yang melatih tim-tim amatir.

Sebelum ini, Beilein memegang tim bola basket University of Michigan. Ia sudah menjadi pelatih sejak 2007. Beilein terkenal sebagai pelatih sukses di level itu.

Selama kariernya, Beilein sarat prestasi. Ia menjadi 1 dari 6 pelatih dengan berbagai gelar nasional. Ia sejajar dengan nama-nama beken, seperti: Roy Williams, Mike Krzyzewski, Jay Wright, John Calipari, dan Kepala Pelatih Boston Celtics Brad Stevens.

Beilein memegang rekor menang-kalah 754-425 selama kariernya di level kampus. Ia merupakan pelatih dengan rekor menang terbanyak dalam sejarah Michigan. Dengan modal itulah ia direkrut untuk membangkitkan Cavaliers pascaera LeBron James.

Beilein akan menggantikan Larry Drew, yang menjadi kepala pelatih setelah Tyronn Lue dipecat pada 2018. Drew tidak mampu membawa Cavaliers ke papan atas. Mereka justru tampil buruk dengan rekor 19-63 (peringkat 14) di 2018-2019. (GNP)

Foto: NBA

Komentar