IBL

Ja Morant, bekas garda Murray State, diprediksi menjadi top ruki dalam daftar NBA Draft 2019. Sebelum terpilih pada Juni mendatang, ia sempat bertemu tiga klub NBA dengan hak pilih teratas. Mereka adalah New Orleans Pelicans (1), Memphis Grizzlies (2), dan New York Knicks (3).

Kendati demikian, para pandit mengatakan, Morant kemungkinan besar akan merapat ke Memphis. Jonathan Givony, pandit draft ESPN, misalnya, melaporkan bahwa Grizzlies berencana untuk memilihnya. Sebab, mereka membutuhkan garda utama baru sebagai pengganti Mike Conley.

Sejak pertengahan musim lalu, Grizzlies memang ingin menukar Conley untuk memperbarui tim. Mereka akan terus mencari jalan untuk mendapat keuntungan dari sana. Namun, Grizzlies juga bisa saja mempertahankan Conley untuk mementori Murray.

Sementara itu, Morant akan menjadi semacam semangat baru untuk Grizzlies. Mereka hendak memulai hari yang lain bersama garda berusia 19 tahun. Sebab, ia punya potensi untuk menjadi bintang.

Morant tampil bersama Murray State dengan rata-rata 20 poin dan 10 asis di NCAA. Perolehannya itu membuatnya menjadi salah satu pemain kampus terbaik di Amerika Serikat. Murray bertengger di peringkat enam dalam hal poin dan peringkat satu dalam asis pada 2018-2019.

Morant boleh jadi berkembang sebagai pemain dengan visi yang hebat di NBA. Ia berpotensi untuk menjadi penembak yang solid. Naluri bertahannya pun sama baiknya ketika menyerang. Namun, Morant tentu perlu mengembangkannya lagi jika ingin bertahan di sana.

Sebelum saat itu tiba, Morant masih harus menunggu sampai NBA Draft. Bursa pilih itu akan berlangsung pada 20 Juni 2019 mendatang. Jika tidak berubah pikiran, seperti kata Givony, Grizzlies akan mengambil Morant. Sebab, Pelicans—yang mendapat hak pilih pertama—berencana untuk mengambil Zion Williamson. (GNP)

Foto: NBA

Komentar