IBL

NBA menggelar NBA Draft 2019 untuk menjaring para ruki. Mereka menggelar itu di Brooklyn, New York, Amerika Serikat, Kamis 20 Juni 2019 waktu setempat. Tim-tim dengan hak pilih pun menggunakan haknya untuk merekrut pemain muda potensial.

New Orleans Pelicans, tim dengan hak pilih nomor satu, menggunakan hak pilihnya untuk memilih Zion Williamson. Mereka bahkan tidak membutuhkan waktu lama untuk membuat Komisioner NBA Adam Silver memanggil nama forwarda Duke University tersebut. Padahal Pelicans punya waktu lima menit untuk memikirkan pilihannya.

Selain Williamson, Ja Morant, garda utama Murray State, juga terpilih di urutan teratas. Memphis Grizzlies memilihnya di urutan kedua.

Setelah Morant, delapan pemain kemudian menyusul. Ada 10 pemain teratas yang sudah terpilih di NBA Draft 2019. Nama-nama pemain itu belakangan banyak menghiasi berita-berita di media massa.

Zion Williamson (New Orleans Pelicans)

Pelicans tidak berpikir panjang untuk memilih Williamson di urutan pertama. Selepas kepergian Anthony Davis ke Los Angeles Lakers, mereka membutuhkan seorang pengganti yang tepat. Williamson dianggap memiliki bakat untuk menjadi bintang masa depan.  

Ja Morant (Memphis Grizzlies)

Grizzlies telah menukar bintang utamanya, Mike Conley, ke Utah Jazz. Mereka siap untuk membangun ulang skuatnya dengan pemain-pemain baru. Grizzlies merekrut Morant untuk menggantikan Conley. Morant merupakan salah satu garda utama terbaik di draft tahun ini.  

R.J. Barrett (New York Knicks)

Nama R.J. Barrett santer dikaitkan dengan New York Knicks. Knicks ingin merekrut seorang pencetak angka yang ulung. Barrett kebetulan salah satu yang terbaik di draft tahun ini. Ia merupakan garda tembak produktif yang memegang rekor pemain tahun pertama dengan poin terbanyak di ACC dalam semusim.  

De’Andre Hunter (Los Angeles Lakers)

Los Angeles Lakers mendapatkan hak pilih nomor empat. Namun, mereka menukarnya untuk mendapatkan Davis dari Pelicans bersama beberapa pemain muda. Sementara itu, karena Pelicans sudah mendapatkan Williamson, mereka memutuskan untuk menukar hak pilih nomor empat dengan Hawks. Tim asal Atlanta itu meminta Lakers memilih De’Andre Hunter. Hunter merupakan seorang penembak jitu dengan kemampuan menyerang dan bertahan yang baik.    

Darius Garland (Cleveland Cavaliers)

Darius Garland menghabiskan waktunya dengan cedera. Namun, itu tidak mengurangi nilai jualnya di NBA Draft 2019. Ia masih termasuk salah satu garda terbaik di draft tahun ini. Cleveland Cavaliers pun memilihnya di urutan kelima. Garland akan bermain bersama garda utama Cavaliers lainnya, Collin Sexton, yang terpilih di tahun sebelumnya.

Jarrett Culver (Phoenix Suns)

Phoenix Suns menukar hak pilih nomor enam untuk mendapatkan Dario Saric dari Timberwolves. Tim asal Minnesota itu pun menggunakannya untuk memilih Jarrett Culver. Garda tembak Texas Tech University itu merupakan pemain muda dengan reputasi dan etos kerja yang baik.

Coby White (Chicago Bulls)

Chicago Bulls berusaha untuk mencari garda utama yang tepat untuk skuatnya. Mereka memiliki Kris Dunn, tetapi belum merasa cocok dengannya. Oleh karena itu, Bulls merekrut Coby White di NBA Draft 2019. White merupakan garda utama University of North Carolina.

Jaxson Hayes (Atlanta Hawks)

Hawks telah menukar hak pilih nomor delapan dengan hak pilih nomor empat. Otomatis hak pilih nomor delapan menjadi milik Pelicans. Tim asal New Orleans itu meminta Hawks memilih Jaxson Hayes. Senter University of Texas itu pun akan merapat bersama Williamson.

Rui Hachimura (Washington Wizards)

Rui Hachimura merupakan pemain Jepang pertama yang terpilih di NBA Draft putaran pertama. Washington Wizards memilihnya di urutan kesembilan. Mereka memilih Hachimura untuk mengisi posisi pemain besar (bigman). Wizards membutuhkan forwarda karena berpotensi untuk tidak merekrut kembali Bobby Portis.

Cam Reddish (Atlanta Hawks)

Selain Williamson dan Barrett, ada satu lagi pemain Duke Unversity yang mengikuti NBA Draft 2019. Pemain itu adalah Cam Reddish. Hawks memilih Reddish di urutan ke-10. Pilihan itu membuat mereka dipenuhi pemain-pemain muda berbakat. Sebab, Hawks sudah memiliki Trae Young, Kevin Huerter, dan John Collins di skuatnya, plus Hunter yang baru terpilih di urutan keempat tahun ini. (put)

Foto: NBA

Komentar