IBL

Ja Morant, garda andalan Murray State, harus mengakhiri turnamen NCAA lebih cepat. Namun, kariernya tidak akan berhenti di situ. Morant telah meneguhkan hati untuk mengikuti NBA Draft 2019. Ia mendeklarasikan dirinya untuk terjun ke bursa pilih itu via Twitter pada Rabu malam, 3 April 2019 waktu setempat.

Morant memang masuk ke dalam top prospek NBA Draft tahun ini. Ia hampir selalu ada di deretan tiga besar bersama nama beken seperti Zion Williamson dan R.J. Barrett dari Duke University. ESPN bahkan menempatkannya di peringkat dua dalam prediksi bursa pilih itu.

Morant telah membuktikan kemampuannya belakangan ini. Ia membawa tim basket kampus berjuluk Racers itu ke turnamen NCAA sampai ke putaran dua. Mereka menang melawan Marquette, tetapi kalah dari Florida State.

Menurut catatan ESPN, Morant mencetak rata-rata 24,5 poin, 5,7 rebound, dan 10 asis per pertandingan. Dengan catatan itu, ia menjadi pemain NCAA pertama dengan setidaknya 20 poin dan 10 asis sejak asis dihitung sebagai statistik resmi pada 1983-1984.

Selain itu, Morant juga mencetak rekor fantastis di NCAA. Ia membukukan 17 poin, 11 rebound, dan 16 asis saat timnya mengalahkan Marquette. Itu merupakan tripel-dobel pertama sejak Draymond Green (sekarang bermain untuk Golden State Warriors) pada 2012 silam. Sayangnya, kiprahnya terhenti karena kalah di putaran kedua. Itu sekaligus menjadi penampilan terakhirnya bersama Murray State.

“Itu sulit—sesungguhnya, saya dan teman-teman setim melalui musim yang luar biasa tahun ini,” kata Morant seperti dikutip ESPN. “Saya berbicara dengan orang tua saya. Kami pikir hanya butuh satu hari untuk mengambil keputusan, tetapi hari-hari berlalu. Itu adalah keputusan yang sangat sulit, saya kira, untuk meninggalkan Murray State. Namun, Murray State masih ada di hati saya, dan saya akan selalu menjadi seorang Racer.”

Kini, setelah mendeklarasikan diri mengikuti NBA Draft, Morant pun mesti bersiap menghadapi tantangan berikutnya. Sebab, nama hebat lainnya akan mengikutinya. Ia akan bersaing dengan mereka untuk memperebutkan tempat di NBA pada Juni mendatang. (GNP)

Foto: NCAA

Komentar