IBL

Portland Trail Blazers masih harus berjibaku dengan Golden State Warriors di final wilayah barat. Toronto Raptors juga masih harus melawan Milwaukee Bucks di final wilayah lain. Namun, seandainya Blazers dan Raptors lolos ke final, artinya senter Blazers Enes Kanter harus tampil di luar Amerika Serikat.

Kanter belakangan ini semakin sulit keluar Amerika Serikat karena konfliknya dengan pemerintah Turki. Presiden Recep Tayyip Erdogan tidak akan membiarkannya bebas di luar Negeri Paman Sam. Ketika masih membela New York Knicks pada awal 2018-2019, Kanter bahkan absen di pertandingan NBA London karena masalah yang sama.

Dengan adanya masalah itu, Senator Amerika Serikat Ron Wyden mengirim surat kepada Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau. Ia mengirim surat itu pada Senin, 14 Mei 2019 watku setempat. Isinya meminta pemerintah Kanada mengawal Enes Kanter dan timnya.

“Saya meminta pemerintah Anda memfasilitasi perjalanan Tuan Kanter ked an dari Kanada ketika Portland Trail Blazers menghadapi Toronto Raptors di Toronto, Kanada, dalam pertandingan final mendatang,” kata Wyden melalui surat tersebut.

Wyden juga meminta Trudeau untuk tidak menghiraukan imbauan Interpol. Sebab, itu akan mengganggu Kanter dan keluarganya di Turki. Pada intinya, Amerika Serikat berusaha untuk melindungi senter Blazers itu ketika berpergian ke luar negeri.

Sebelum ini, Kanter juga sempat kesulitan untuk pergi ke luar negeri. Ia tidak bisa masuk ke Kanada pada Maret 2019 karena masalahnya dengan pemerintah Turki. Paspor Kanter dibekukan sehingga ia tidak bisa ke mana-mana. Apalagi ia juga belum layak untuk menerima paspor Amerika Serikat.

Wyden lantas berusaha untuk memfasilitasi Kanter untuk bebas bermain di Kanada. Ia telah menginstruksikan stafnya supaya mengurus administrasi. Mereka ingin Kanter bisa melakukan perjalanan dengan aman.

Menurut Wyden, dengan melakukan itu, Amerika Serikat dan Kanada akan ikut dalam mengirim pesan kepada Erdogan yang berupaya menggunakan organisasi internasional untuk membungkam kritik.

Kanter sendiri kini harus terus berjuang menghadapi Warriors di final wilayah. Blazers tidak akan lolos ke playoff tanpa mengalahkan juara bertahan. Kanter dan Blazers tengah tertinggal 0-1. Namun, mereka masih punya harapan.

Pertandingan kedua antara Blazers dan Warriors berlangsung lusa di Oracle Arena, Oakland, California, Amerika Serikat. (GNP)

Foto: NBA

Komentar