IBL

Drama Enes Kanter versus Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan memang menyita perhatian belakangan ini. Namun, aksi heroik Kanter di playoff 2018-2019 tidak juga bisa dikesampingkan. Kepala Pelatih Terry Stotts tahu benar bagaimana pemainnya berjuang demi Portland Trail Blazers di semifinal Wilayah Barat.

Kanter membela Blazers dengan kondisi cedera bahu. Ia bahkan mengatakan, cederanya semakin terasa nyeri setelah pertandingan ketiga. Ia sulit merasakan bahunya sendiri sehingga sengaja mengaitkan lengannya ke dalam jersey untuk menopang.

Apalagi Blazers saat itu harus bermain hingga empat kali babak tambahan.

“Di tambahan waktu pertama, saya pikir saya melukai bahu saya lagi,” kata Kanter seperti dikutip ESPN. “Saya sampai harus mengaitkan lengan saya ke dalam jersey karena tidak bisa mengangkatnya sendiri. Saya bersyukur kami menang. Apa pun itu. Kami harus mengorbankan segalanya. Saya bangga dengan teman-teman saya.”

(Baca juga: Drama Enes Kanter Versus Presiden Turki Berlanjut)

Kanter mengalami cedera itu sejak putaran pertama melawan Oklahoma City Thunder. Ia tahu bahunya bermasalah setelah pertandingan kelima. Kanter bahkan dipertanyakan untuk tampil di semifinal, tetapi ternyata bisa bermain juga.

Meski mengalami cedera, Kanter mampu tampil selama lebih dari 30 menit di tiga pertandingan pertama semifinal wilayah melawan Denver Nuggets. Ia, misalnya, tampil selama 56 menit di pertandingan terakhirnya kemarin.

Kanter menyumbang dobel-dobel 18 poin dan 15 rebound.

“Para pendukung menyemangati,” kata Kanter lagi. “Dame (Damian Lillard) mendekati saya dan bilang, ‘Hei, satu tambahan waktu lagi.’ Dia mengatakan itu tiga kali. ‘Satu tambahan waktu lagi. Ayo, bermain serius.’ Saya tidak ingin menyerah kepada teman-teman saya.”

(Baca juga: Respon NBA atas Sensor NBA Turki terhadap Enes Kanter)

Dengan penampilannya, Kanter semakin menunjukkan dirinya sebagai pilar penting Blazers di playoff. Setelah diambil dari New York Knicks pertengahan musim lalu, ia mampu mendorong tim ke tingkat yang lebih tinggi. Apalagi Blazers tengah kehilangan senter utama Jusuf Nurkic karena cedera kaki.

Kanter secara heroik muncul sebagai pengganti yang tepat.

Stotts bahkan tidak lupa memuji Kanter karena bermain sepenuh hati. Ia menyebutnya sebagai pemain berharga.  Oleh karena itu, Stotts tidak mau kehilangannya, terutama di saat-saat seperti ini.

Setelah pertandingan ketiga, Stotts jgua mengatakan, Kanter telah menerima penanganan serius pada bahunya. Blazers berusaha semaksimal mungkin untuk memulihkan nyeri. Namun, Kanter masih dipertanyakan untuk tampil di pertandingan keempat besok.

Blazers sementara ini tengah unggul 2-1. Mereka membutuhkan dua kemenangan lagi untuk lolos ke final wilayah. Pemain lain siap untuk tampil. Kanter sendiri berusaha untuk bisa menyusul. (GNP)

(Baca juga: Enes Kanter Absen di London karena Ancaman Pembunuhan)

Foto: NBA

Komentar