IBL

Gebyar Piala Dunia FIBA 2019 sudah mulai terlihat. Tim-tim kontestan telah memulai persiapan dan latihan intensif. Namun yang paling disoroti tentu Amerika Serikat. Sang juara bertahan akan melakukan uji tanding dengan Kanada, Australia, dan Selandia Baru sebelum Piala Dunia FIBA 2019 dimulai. Pertandingan persahabatan ini akan berlangsung di Australia pada 16 hingga 26 Agustus 2019.

Federasi Bola Basket Australia tidak hanya disibukkan dengan persiapan tim nasional jelang Piala Dunia FIBA 2019 di Cina, 31 Agustus hingga 15 September mendatang. Di tengah persiapan itu, mereka dikejutkan dengan keinginan timnas Amerika Serikat untuk beruji tanding. Selain juara bertahan, ternyata Kanada juga berminat ikut agenda uji tanding tersebut. Akhirnya disepakati empat negara, termasuk Selandia Baru, bertemu di Australia.

Jerry Colangelo, selaku Direktur Pelaksana Tim Nasional Bola Basket Amerika Serikat mengatakan bahwa uji tanding itu menjadi sentuhan akhir dari semua persiapan tim untuk Piala Dunia FIBA 2019. Pihak USAB memilih Australia juga dengan alasan khusus. Mereka ingin bertanding di Qudos Bank Arena di Sidney. Tempat tersebut sangat bersejarah karena timnas putra dan putri Amerika Serikat pernah memenangkan medali emas Olimpiade 2000.

"Memainkan laga uji coba di Sidney melawan tim Kanada dan Australia akan melengkapi tur kami. Tempat pertandingan nanti sangat bersejarah bagi kami. Jadi tidak diragukan lagi, bahwa laga uji coba nanti akan disaksikan banyak penggemar kami," katanya, seperti dikutip dari usab.com.

Alasan lainnya memilih Australia karena memiliki tempat-tempat wisata yang indah. Jadi para pemain bisa menyegarkan suasana hati sebelum bertanding di Piala Dunia FIBA 2019.

Baik Amerika Serikat, Kanada, dan Australia dipastikan bakal menurunkan tim terbaiknya. Di tim Amerika Serikat ada nama-nama besar seperti Kevin Durant, James Harden, dan Kyrie Irving yang bisa dipilih oleh Kepala Pelatih Gregg Popovich. Kemudian, Kanada kemungkinan akan memainkan Jamal Murray, Tristan Thompson, dan Cory Joseph. Di sisi lain, Australia akan diperkuat Patty Mills, Matthew Dellavedova, dan Thon Maker. Sementara itu Aaron Baynes dan Steven Adams kemungkinan besar ada dalam roster tim Selandia Baru.

"Kami sangat senang bisa punya kesempatan beruji tanding dengan Amerika Serikat sebelum Piala Dunia FIBA. Amerika Serikat menjadi standar bola basket FIBA beberapa tahun terakhir. Selain itu, pengalaman berharga bagi kami bisa mencoba kekuatan Australia dan Selandia Baru," ucap Rowan Barrett, Manajer Umum Bola Basket Kanada.

Jadwal Uji Tanding Internasional di Australia:
16 Agustus 2019 - Australia Vs. Kanada, di RAC Arena, Perth
17 Agustus 2019 - Australia Vs. Kanada, di RAC Arena, Perth
20 Agustus 2019 - Kanada Vs. Selandia Baru, di Quaycentre, Sydney
21 Agustus 2019 - Kanada Vs. Selandia Baru, di Quaycentre, Sydney
22 Agustus 2019 - Amerika Serikat Vs. Australia, di Marvel Stadium, Melbourne
24 Agustus 2019 - Amerika Serikat Vs. Australia, di Marvel Stadium, Melbourne
26 Agustus 2019 - Amerika Serikat Vs. Kanada, di Qudos Bank Arena, Sydney

(tor)
Foto: fiba.basketball

Komentar