IBL

Piala Dunia Wanita FIBA 2018 berlangsung di Tenerife - Spanyol mulai 22 hingga 30 September mendatang. 16 tim sudah menyelesaikan babak penyisihan. Empat negara yang sudah masuk perempat final yaitu Kanada, Australia, Belgia dan Amerika Serikat.

Babak penyisihan berlangsung mulai 22-25 September. Para peserta dibagi menjadi empat grup dengan masing-masing empat negara. Di babak ini, pemimpin klasemen masing-masing grup langsung melaju ke babak delapan besar. Sedangkan peringkat kedua dan ketiga akan bertanding lagi untuk mendapatkan tempat tersisa.

1. Kanada

Kanada menjadi pemimpin klasemen Grup A yang berisi Korea Selatan, Perancis dan Yunani. Dari lawan-lawannya, hanya Perancis yang memberi perlawanan sengit. Sisanya, Kanada bisa mengalahkan lawannya dengan selisih lebih dari 15 poin. Berikut hasil pertandingan Kanada di babak penyisihan.

Aktor dibalik dominasi Kanada di Grup A yaitu Kia Nurse. Garda tim New York Liberty tersebut membukukan 19,7 PPG, 1,3 RPG dan 3,3 APG dalam tiga pertandingan. Saat melawan Korea Selatan, Nurse menjadi pencetak poin terbanyak dengan 29 poin. Nurse kini menduduki peringkat kedua pencetak angka terbanyak di Piala Dunia Wanita FIBA 2018. Salah satu keunggulan tim Kanada adalah akurasi tembakan tiga angkanya. Persentasenya mencapai 40,4 persen (21 dari 52 percobaan).

Kanada langsung lolos ke babak perempat final. Sedangkan dari Grup A yang masuk ke playoff ada Perancis dan Yunani. Korea Selatan harus pulang lebih dulu karena menderita tiga kekalahan.

2. Australia

Australia terbukti memiliki pemain yang mampu menguasai area kunci dengan baik. Mereka menjadi pengumpul rebound peringkat kedua dengan total 137 rebound di tiga pertandingan. Ada di bawah Nigeria yang mengumpulkan 141 rebound. Selain itu Australia menjadi pencetak blok terbanyak dengan 13 blok selama babak penyisihan.

Di babak penyisihan, Australia menang 86-68 atas Nigeria, lalu menundukkan Argentina dengan skor telak 84-43. Di laga terakhir babak penyisihan. Australia menang 90-64 dari Turki.

Seperti yang sudah diprediksi sebelumnya, Liz Cambage meledak di Piala Dunia Wanita FIBA 2018. Pemain Dallas Wings setinggi 2,03 meter itu mengoleksi 27,7 PPG dan 8,3 RPG dalam tiga laga. Akurasinya mencapai 72,3 persen. Cambage kini menduduki peringkat teratas sebagai pencetak poin terbanyak. Pemain berusia 27 tahun itu memang disiapkan Australia untuk menghadapi Amerika Serikat, bila mereka bertemu di final.

Di Grup B, peringkat kedua direbut oleh Nigeria, lalu disusul Turki. Sedangkan Argentina tidak lolos ke playoff karena sudah kalah tiga kali.

3. Belgia

Belgia sudah memberi kejutan di ajang Piala Dunia Wanita FIBA 2018. Padahal mereka baru pertama kali tampil di turnamen antar-dunia tersebut. Menariknya, justru Belgia yang tidak diunggulkan mampu menembus babak perempat final lebih dulu.

Belgia menghancurkan Poerto Rico di pertandingan pertama dengan skor 86-36. Sayangnya, mereka justru kalah 75-77 atas Jepang di laga kedua. Pertandingan ini diseleksaikan melalu babak tambahan waktu (overtime). Di laga terakhir, Belgia kembali tampil mengejutkan dengan menundukkan tuan rumah Spanyol dengan skor akhir 72-63.

Pemain andalan Belgia di turnamen ini adalah Emma Meeseman. Pemain yang membela tim UMMC Ekatrinburg tersebut mencetak 16,0 PPG, 13,3 RPG dan 4,0 APG. Emma sudah mencetak dua kali dobel-dobel dari tiga laga.

Kemenangan atas Spanyol membuat Belgia langsung mengunci tempat di babak delapan besar. Meski jumlah poin Belgia dan Spanyol sama, tapi Belgia unggul head-to-head dari Spanyol. Hasil ini membuat tuan rumah Spanyol dan Jepang harus bertanding di babak perebutan tiket perempat final. Sedangkan Poerto Rico pulang lebih dulu.

4. Amerika Serikat

Sebagai juara bertahan, Amerika Serikat mengakhiri babak penyisihan Grup D dengan rekor kemenangan 3-0. Tiga lawan lainnya, hanya Cina yang memberikan perlawanan untuk Amerika Serikat. Sisanya, mereka kalah dengan jarak poin lebih dari 20 poin. Berikut hasil pertandingan Amerika Serikat di babak penyisihan.

Bintang muda Seattle Storm, Breanna Stewart memimpin perolehan poin Amerika Serikat dengan 16,3 PPG dan 6,7 RPG. Sedangkan pemain veteran Diana Taurasi menjadi pengirim asis terbanyak dengan 4,7 asis di tiga pertandingan. Taurasi juga menghasilkan 10,7 poin per laga.

Amerika Serikat saat ini menduduki peringkat teratas untuk akurasi tembakan dengan 56,5 persen (95 dari 168 percobaan). Mereka juga menjadi tim yang mencetak skor kemenangan tertinggi di babak penyisihan Piala Dunia Wanita FIBA 2018 yaitu saat mengalahkan Latvia dengan skor 102-76.

Latvia langsung tersingkir di babak penyisihan setelah kalah tiga kali. Sedangkan Cina dan Senegal akan berlaga di babak perebutan tiket perempat final.

Pertandingan babak perebutan tiket perempat final akan berlangsung 26 September 2018. Spanyol akan berhadapan dengan Senegal, lalu Cina menghadapi sesama tim Asia yaitu Jepang. Perancis yang berstatus sebagai tim unggulan akan bertanding melawan Turki, dan terakhir Nigeria melawan Yunani. Inilah bagan lengkap pertandingan di babak playoff Piala Dunia Wanita FIBA 2018.

Foto dan Video: fiba.com

Komentar