IBL

Toronto Raptors hancur lebur di gim ketiga semifinal Wilayah Timur berhadapan dengan Philadelphia 76ers. Selain kalah dengan selisih 21 poin, 116-95, Raptors juga harus rela keunggulan mereka di seri ini tersalip. Kemenangan ini membuat Sixers untuk sementara dalam posisi unggul di seri ini dengan kedudukan (2-1).

Dalam kekalahan terakhir ini, hanya ada tiga pemain Raptors yang mengemas dua digit poin dan tiga-tiganya menyandang status pemain utama (starter). Sementara dari kubu Sixers, enam pemain yang lima di antaranya starter mengemas dua digit poin.

Tiga pemain Raptors itu adalah Danny Green (13 poin), Pascal Siakam (20 poin), dan Kawhi Leonard (33 poin). Nama yang terakhir disebut bisa dibilang menjadi pihak yang paling “bekerja keras” dalam tiga gim seri ini, atau bahkan sejak putaran pertama playoff Raptors melawan Orlando Magic.

Ya, Kawhi memang memimpin tim ini untuk rataan poin per gim baik di musim reguler atau di babak playoff ini. Dalam delapan laga yang sudah dilalui Raptors, Kawhi membukukan rataan 31,5 poin, 6,9 rebound, dan 3,3 asis per gim.

Untuk akurasi, FG% Kawhi berada di angka 58 persen. Dari tripoin, ia memasukkan 47 persen. Secara efisiensi tembakan, angka eFG% Kawhi menyentuh 65 persen sementara TS% pemain bernomor punggung dua tersebut nyaris menyentuh 70 persen.

Jika dibedah lebih dalam lagi, sumbangsih Kahwi untuk Raptors memang terlalu besar. Dalam tiga gim melawan Sixers, Kawhi membukukan total 113 poin dari 63 persen FG%. Sementara satu tim Raptors selain dirinya total mengemas 179 poin dengan FG% hanya di angka 35 persen. Lebih buruknya lagi, 70 dari 179 poin Raptors di semifinal ini datang dari Pascal Siakam.

Andai pemain Raptors selain kedua pemain di atas terus menunjukkan penampilan dalam dua gim terakhir mereka, saya sangat yakin mereka akan tersingkir dalam lima laga saja. Hal yang tentunya tidak diinginkan oleh para penggemar Raptors terutama setelah mimpi buruk mereka dalam empat musim terakhir, LeBron James, tak lagi ada di Wilayah Timur.

Meningkatkan kepercayaan diri dan efektifitas Kyle Lowry dan Marc Gasol adalah tugas utama jajaran pelatih Raptors untuk gim selanjutnya. Keduanya total hanya mengemas 14 poin  yang dibagi sama rata di gim ketiga. Secara efisiensi, keduanya juga hanya mampu memasukkan total empat tembakan dari 16 percobaan (25 persen).

Gim keempat akan digelar lusa, waktu setempat, masih di kandang Sixers. Jika Raptors ingin kembali ke kandang mereka dengan kondisi yang lebih baik, barisan pemain pendukung harus mampu meningkatkan performa. Saran pribadi untuk Nick Nurse, Kepala Pelatih Raptors, saya rasa tidak ada salahnya mencoba opsi Fred VanVleet dan Serge Ibaka untuk menggantikan duo Lowry-Gasol.

Foto: NBA

 

 

Komentar