IBL

Damian Lillard melepaskan tripoin dari jarak 37 kaki (11,2 meter) di sisa 1,4 detik untuk membawa Portland Trail Blazers memenangi gim 118-115 atas Oklahoma City Thunder. Tembakan tersebut membawa Blazers memenangi putaran pertama playoff dengan skor (4-1) dan mengakhiri musim Thunder.

Tripoin tersebut adalah tripoin ke-10 Lillard dari 18 percobaan (58 persen). Jumlah tersebut merupakan yang tertinggi sepanjang sejarah Blazers di playoff. Lillard mengalahkan rekor sebelumnya dengan delapan tripoin yang juga dicatatkan oleh dirinya sendiri. Sepanjang sejarah NBA, hanya Lillard dan Klay Thompson yang mampu membukukan catatan serupa. 

Lillard sendiri menutup gim ini dengan 50 poin, 7 rebound, dan 6 asis dengan total 17/33 tembakan. Sekali lagi, jumlah 50 poin tersebut merupakan yang tertinggi sepanjang sejarah Blazers di playoff. Sebelumnya, LaMarcus Aldridge adalah pemain dengan poin tertinggi di playoff kala mencetak 46 poin, 2014 lalu.

Rekor belum berhenti di situ, 34 dari 50 poin Lillard terjadi hanya di paruh pertama. Ia menjadi pemain pertama sejak Steve Nash yang mampu membukukan jumlah yang sama di paruh pertama gim playoff. Nash sendiri membukukan jumlah tersebut saat membela Phoenix Suns, 2005 lalu.

Blazers kembali ke semifinal wilayah untuk pertama kalinya sejak tiga musim lalu. Tim asuhan Terry Stotts ini akan menghadapi pemenang antara Denver Nuggets dan San Antonio Spurs yang kini berlanjut hingga gim keenam. Nuggets sendiri dalam posisi unggul (3-2).

Bagi Thunder, kegagalan ini membuat mereka tersingkir di putaran pertama dalam tiga musim beruntun. Selain itu, kekalahan di kandang lawan ini menjadi yang ke-12 secara beruntun. Menariknya, semua catatan negatif ini terjadi semenjak Kevin Durant meninggalkan tim ini. Terkahir kali Thunder lolos dari putaran pertama terjadi di 2016. Kala itu, masih dengan Durant, Thunder melaju hingga final Wilayah dan kalah dalam tujuh gim.

Selain Lillard, C.J. McCollum dan Mo Harkless masing-masing menambahkan 17 poin. Keduanya juga berperan besar bagi Blazers kala mengejar ketinggalan hingga 11 poin di awal kuarter empat. Enes Kanter menyusul ketiga pemain sebelumnya dengan dobel-dobel, 13 poin dan 13 rebund.

Dari kubu Thunder, Paul George menjadi yang tersubur dengan 36 poin, 9 rebound, dan 8 asis. Ia memasukkan 14/20 tembakannya (70 persen). Russell Westbrook catatkan tripel-dobel, 29 poin, 11 rebound, 14 asis, 4 steal, dan 2 blok. Ini adalah tripel-dobel ke-10 sepanjang penampilan Westbrook di playoff. Dennis Schroder catatkan 17 poin, Jerami Grant 16 poin, sementara Steven Adams melengkapi daftar dengan 10 poin. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar