IBL

BTN CLS Knights Indonesia mesti bertarung dengan Hong Kong Eastern untuk mendapatkan penutup manis di ABL 2018-2019. Pada kesempatan itu, mereka berhasil mewujudkannya. CLS menang dengan skor tipis 98-97 di pertandingan terakhirnya di Southorn Stadium, Wan Chai, Hong Kong, Jumat 22 Maret 2019.

Brandon Jawato menjadi pencetak angka terbanyak. Ia mencetak 25 poin dan 8 rebound. Douglas Herring di belakangnya dengan 24 poin dan 11 asis. Maxie Esho 21 poin dan 14 rebound. Darryl Watkins 18 poin.

Sementara itu, Eastern mendapat sokongan dari O’Darien Basset yang mencetak 32 poin. Marcus Elliot 19 poin, 9 rebound, dan 9 asis. Siu Wing Chan 13 poin. Michael Holyfield 12 poin 20 rebound. Namun, itu tidak cukup untuk menggulingkan CLS.  

CLS mampu bersaing ketat dengan Eastern meski mereka tertinggal tiga poin (29-26) di kuarter satu. Tim asuhan Brian Rowsom itu kemudian sempat menyusul sampai lawannya kembali menyamakan kedudukan 46-46. CLS berusaha melawan balik, tetapi Eastern kukuh di atas angin. Tim asal Hong Kong itu pun unggul 51-49.

Bassett dan Holyfield menjadi dua tombak Eastern di paruh pertama. Keduanya sudah mencetak dobel digit poin selama 20 menit. Basssett mencetak 17 poin sementara Holyfield 10. CLS, di sisi lain, memiliki tiga pemain yang mencetak dobel digit. Esho, Herring, dan Watkins masing-masing 10 poin.

Setelah istirahat paruh pertama, CLS terus menekan Eastern. Namun, tuan rumah selalu berhasil menangkis tekanan. Mereka menjaga jarak dengan unggul empat poin (81-77).

Di kuarter empat, CLS berhasil mencetak empat poin beruntun. Mereka menyamakan kedudukan 81-81. Sisa waktu 8:53. CLS benar-benar mendapat momentumnya saat itu.

Perjalanan CLS tidak berhenti di situ. Mereka terus berusaha menekan sampai detik-detik terakhir. Eastern sempat unggul 97-96 di sisa waktu 16 detik. CLS mengambil jeda (timeout).

Setelah jeda, Esho berhasil mencetak dua poin lewat gerakan menusuk dan layup. CLS unggul 98-97. Eastern berusaha meretas pertahanan CLS di sisa 12 detik. Namun, mereka gagal melakukannya. CLS menang dramatis di pertandingan terakhirnya.

Dengan kemenangan itu, CLS menutup musim reguler dengan manis. Mereka finis di peringkat empat dengan menang 15 kali dan kalah 11 kali. CLS bersiap ke playoff untuk melanjutkan musim. Pertandingan playoff pertama berlangsung dengan format tiga terbaik di GOR Kertajaya, Surabaya, Sabtu 30 Maret 2019. CLS berpotensi melawan Macau Black Bears. (GNP)

Foto: Yoga Prakasita

Komentar