IBL

BTN CLS Knights Indonesia menutup pertandingan kandang terakhir di ABL 2018-2019 dengan dramatis. Mereka berhasil menumbangkan Saigon Heat 91-90 di GOR Kertajaya Surabaya, Rabu 13 Maret 2019. Skor kemenangan setipis itu pun membuat pendukungnya di Surabaya bersuka cita.

Douglas Herring menjadi pahlawan hari ini. Ia melesakkan layup kemenangan di detik-detik akhir. Secara keseluruhan, ia mencetak 20 poin, 4 rebound, 7 asis, dan 3 steal.

Darryl Watkins, senter CLS, menambahkan 21 poin dan 5 rebound. Brandon Jawato 19 poin. Maxie Esho 17 poin. Wong Wei Long 14 poin.

Sementara itu, Heat mendapat sokongan dari DeAngelo Hamilton yang mencetak 27 poin dan 10 rebound. Kyle Barone 21 poin dan 6 rebound. Trevon Hughes 20 poin. Dang Khoa Tran 17 poin dan 5 asis. Namun, perlawanan mereka di Kertajaya berakhir kekalahan. CLS mampu memanfaatkan detik-detik akhir dengan apik.     

Heat membuka pertandingan dengan tujuh poin beruntun. CLS baru bisa membalas lewat Herring yang melakukan layup dengan tipuan terlebih dahulu. Setelah itu, CLS pun bisa mengejar bahkan unggul 14-13 di sisa waktu empat menit.

Di sisa waktu itu, CLS bertarung sengit dengan tamunya. Mereka sempat imbang dan unggul lagi 23-22. Herring sebenarnya punya waktu untuk menambah poin, tetapi bola lepas dari tangannya. Kuarter satu pun berakhir.

Setelah istirahat, pertandingan tetap sengit. Heat sempat unggul 38-33 di lima menit pertama. CLS kemudian mengejarnya dengan skor 47-46. Tuan rumah hanya unggul satu poin sampai jeda paruh pertama.

Pertandingan berlanjut ke kuarter tiga. Heat berhasil menyamakan kedudukan 53-53 di sisa waktu 6:03. Namun, CLS bisa mengatasi perlawanan itu. Mereka menahan imbang Heat dengan skor 66-66.

Di kuarter akhir, pertarungan semakin sengit. Kedua tim berbalas poin. Namun, Heat berhasil memanfaatkan momentum untuk unggul 83-77 di sisa waktu 3:28. CLS mengambil jeda (timeout) demi mengatur ulang permainan mereka. Upaya itu tampak berhasil karena CLS mendekat. Wei Long melesakkan tripoin di sayap kanan serangan dengan sisa waktu 42 detik. CLS tertinggal dua poin (86-88).

Dengan sisa 42 detik, Heat mencoba menjaga asa. Mereka bahkan mengambil jeda dulu sebelum bermain lagi. Namun, CLS berhasil menguasai permainan. Wei Long lagi-lagi melesakkan tripoinnya di tempat yang sama. CLS unggul 89-88.

Heat segera membalas tripoin Wei Long dengan dua tembakan gratis Hughes. Waktu semakin sempit. CLS hanya punya waktu kurang dari enam detik untuk menutup pertandingan dengan kemenangan. Herring kemudian secepat mungkin merangsek masuk ke pertahanan lawan. Ia melepaskan layup kemenangan yang membuat semua orang berdiri sambil bersorak.

CLS menang 91-90.

Dengan kemenangan itu, CLS berhasil mengimbangi Heat 2-2. Mereka sekaligus menutup pertandingan terakhir di kandang dengan hasil positif. Selanjutnya, CLS akan bertolak ke Hong Kong guna menghadapi Eastern pada 22 Maret 2019. (GNP)

Foto: Satrio Wicaksono

Komentar