IBL

Baru-baru ini, Jordan merilis edisi terbaru dari Air Jordan 1 yang dinamai sebagai Couture. Sepatu basket yang kini menjadi ikon ranah streetwear ini berwarna hitam-putih dengan aksen merah diagonal di bagian logo Nike. Menurut sang pabrikan, padanan warna merah itu terinspirasi dari mobil mewah Italia yang identik dengan kecepatan dan kemewahan.

Berbincang tentang Italia, negara Pizza itu punya korelasi dengan sepatu-sepatu awal Michael Jordan. Tercatat prototipe Air Jordan 2 dibuat dengan tangan oleh pengrajin sepatu di sana. Prototipe itu pun menjadi standar pembuatan sepatu basket yang digunakan untuk bertanding, juga sebagian edisi spesial.

Kala itu, Bruce Killgore dan Peter Moore ingin mengembangkan sepatu basketnya menggunakan kulit dengan standar tinggi khas Italia. Di samping itu, keduanya sulit menemukan teknik penyatuan sol Poly-Urethane dan bagian atas yang lebih baik nan kuat dari edisi pertama. Selain makanan dan otomotif, Italia terkenal memiliki teknik produksi sepatu berbahan kulit yang baik.

Air Jordan 2 OG "Made in Italy" yang pernah dipakai Jordan bertanding. Arsip ini dilelang pada 2015 untuk acara amal

Usaha yang dilakukan tidak didukung dengan penjualan yang apik. Bahkan, Slam menyebut Air Jordan 2 merupakan sepatu yang paling kurang populer dari 10 edisi retro pertama Air Jordan. Saat dirilis, sang pemain tengah mengalami cedera di musim 1985-1986. Ia hanya bermain 18 gim. Bahkan setelah kembali pulih, lulusan UNC itu justru memilih menggunakan Air Jordan 1. Alhasil, pamor edisi kedua semakin tenggelam.

Meningkatnya pamor Air Jordan setidaknya mengangkat juga edisi kedua. Walau begitu, tetap saja Air Jordan 1 dianggap sebagai edisi andalan. Harga jual kedua darinya pun terbilang cukup tinggi. Salah satu faktor utamanya adalah Nike acap mengadakan kerja sama dengan beberapa pihak untuk membuat edisi khusus. Pabrikan asal Oregon itu juga mengontrak Dominic Chambrone, atau yang terkenal sebagai The Shoe Surgeon, untuk membuat proyek kustomisasi berbasis edisi pertama. Mereka juga sering merilis warna-warna baru seperti “Couture” ini.

Bagi Anda pecinta Michael Jordan, atau pegiat kultur sneaker, sepatu ini bisa jadi penyegar dari warna-warna klasik khas Air Jordan 1. Sepatu ini sudah dijual di gerai-gerai Jordan dan Nike terpilih seharga AS$175.

Foto: Nike/Jordan

Komentar