IBL

Kerja sama lintas cabang terjadi baru-baru ini. Jordan, anak perusahaan Nike yang selama ini fokus di ranah basket merilis koleksi eksklusif hasil kerja sama dengan tim sepak bola Paris Saint Germain (PSG). Ini jadi momen perdana Jordan bekerja dengan tim sepak bola. Selain sepatu, Jordan juga membuat seragam tanding yang rencananya dipakai PSG di ajang UEFA Champion’s League musim 2018/2019.

Kesepakatan ini diambil dari kecintaan Michael Jordan (MJ) terhadap Paris. Legenda Chicago Bulls itu pertama kali datang ke Kota Mode Eropa pada 1985. Sejak itu, MJ sesekali kembali berkunjung di tengah padatnya jadwal NBA. Sementara itu, Nike selaku perusahaan utama Jordan telah menjalin kerja sama dengan PSG sejak 1989. Kerja sama tersebut baru saja diperpanjang hingga 2022 dengan kontrak senilai AS$ 23 juta per musim. Kerja sama Jordan dan PSG ini terjadi diluar kerja sama dengan Nike. Itu artinya, PSG melakoni proyek kerja sama dengan Nike dan Jordan secara bersamaan.

Jimmy Butler berpose dengan kaos Jordan x PSG berlatarbelakang Menara Eiffel.

Michael Jordan menyambut baik kerja sama ini. “Saya kira Jordan dan PSG punya kesamaan visi di bidang olahraga. Maka wajar bila koneksi ini terjadi,” tuturnya dilansir dari rilis pers. Nasser Al-Khelaifi selaku presiden PSG mengiyakan pernyataan MJ. “Kerja sama kami melambangkan ambisi di bidang olahraga, performa, dan inovasi. Saya berharap hal ini akan membantu kami lebih dekat dengan para penggemar di seluruh dunia,” katanya.

Proses negosiasi keduanya berjalan mulus. Selain faktor sejarah, pemain-pemain PSG tercatat sudah menjadi duta Nike Soccer. Mereka adalah Edinson Cavani, Marquinhos, Thiago Silva, Marco Verratti, Dani Alves, Timothy Weah, serta megabintang Brazil Neymar Jr.. Neymar adalah pesepakbola pertama yang memiliki sepatu khusus dari Jordan pada 2016. Ia telah dikontrak Nike sejak berusia 17 tahun ketika ia masih bermain untuk Santos. Kontraknya dengan Nike bertambah berkali lipat sejak kepindahannya ke Barcelona sebelum akhirnya merumput di PSG dengan status pemain termahal di dunia. Ia akan tetap disana hingga 2022.

Pemain muda Kyllian Mbappe pun juga tengah jadi perbincangan hangat. Nike bahkan sudah memantau bakatnya sejak berusia 13 tahun. Tahun ini bisa jadi tahun paling membanggakan baginya karena berhasil mengantar Prancis menjuarai Piala Dunia 2018. Ia juga jadi pemain kunci PSG menjuarai Ligue 1 serta Piala Prancis.

Meski demikian, tidak semua pemain PSG yang didapuk sebagai duta Jordan x PSG. Gianluigi Buffon masih setia dengan Puma. Sementara Julian Draxler dan Angel Di Maria jadi aset berharga adidas.

Edisi eksklusif Jordan x PSG memuat beberapa lini mulai dari sepatu, seragam tanding sepak bola, seragam tanding basket, celana latihan (sweatpants), topi, kaos, serta jaket. Bagi para penikmat kultur sneaker, edisi khusus Air Jordan 1 dan Air Jordan 5 bisa jadi buruan panas. Lalu bagi para kolektor sepatu lapangan hijau, Jordan x PSG PhantomVSN dan Jordan x PSG Mercurial Vapor akan jadi favorit.

Untuk koleksi pakaian, Jordan dan PSG melebur dalam sebuah logo kolaborasi baru. Logo itu memuat logo Jumpman23 yang menggantikan huruf A dalam lafaz Paris.

Seluruh koleksi Jordan x PSG akan dirilis pada 14 September 2018 waktu Eropa.

Foto: Nike News, Franck Fife/AFP/Getty Images

Komentar