IBL

Setelah merengkuh juara Ligue 1 (liga utama sepak bola Prancis) lima musim berturut-turut, Paris Saint Germain (PSG) mendapat hadiah dari lini sepatu basket Air Jordan. Anak perusahan Nike itu rencananya akan merilis sepatu khusus bertema tim ibukota Prancis dalam waktu dekat.

Sepatu legendaris Michael Jordan ini dimodifikasi dengan inspirasi seragam kandang PSG berwarna biru tua bermotif merah dan putih. Jordan kemudian menghiasnya dengan detail bordir bertema PSG dan Paris. Logo PSG disemat di bagian tumit. Angka 75 yang juga kode pos Kota Paris diletakkan di bagian sisi luar belakang pada kedua sepatu. Tulisan “PARIS” dengan logo Jumpman 23 diletakkan di dalam plastik ventilasi yang berada di sisi samping sepatu. Logo itu juga ditempatkan di dalam sol bening menggantikan sol karet. Sepatu ini berbahan suede. Berbeda dari bahan Air Jordan 5 yang umumnya menggunakan kulit.

Kabarnya, PSG x Air Jordan 5 masuk dalam edisi Air Jordan “International Pack” yang akan dirilis pertengahan tahun ini. Spekulasi itu merebak setelah Air Jordan merilis foto resmi Air Jordan 3 “International Flight” dan Air Jordan 12 “Japan Exclusives” dengan tema modifikasi sepatu serupa.

Perayaan PSG saat merengkuh Coupe de France setelah mengalahkan tim Ligue 3 (Divisi 3) Les Herbiers 2-0. Thiago Silva dkk. lalu mengundang tim lawan naik podium sebagai bentuk apresiasi karena berhasil mencapai babak tertinggi kompetisi mewakili Ligue 3.

 

Sepatu ini jadi seri pertama kolaborasi Paris Saint Germain dan Air Jordan. Walau begitu, ini bukan kali pertama bintang PSG, Neymar Jr., bekerja sama dengan Jordan. Pada 2 Juni 2016, mereka merilis Neymar Jr. x Air Jordan 5 Low. Menurut situs jual-beli Stock X, kini harga sepatu tersebut mencapai AS$750.

Musim 2017-2018 jadi tahun kompetisi gemilang untuk PSG. Setelah berhasil mempertahankan gelar juara Ligue 1 lima tahun berturut-turut, Edinson Cavani dkk. juga menjuarai kompetisi Coupe de France dan Coupe de la Ligue. Sejak dibeli Nasser Al-Khelaifi melalui Oryx Qatar Sports Investments (QSi) pada 2011, PSG memiliki dana untuk merekrut pemain kelas wahid. Mereka bahkan memegang rekor pembelian pemain termahal di dunia ketika membeli Neymar Jr. dari Barcelona seharga €222 milyar (sekitar Rp3,7 triliun) pada Agustus 2017 lalu.

Meski foto sepatu PSG x Air Jordan 5 telah merebak di media, pihak Air Jordan belum membocorkan tanggal perilisan serta harga retail yang disarankan.

Foto: Christopher Simon/Goal, Akun Instagram @LN5Factory

Komentar