IBL

Michael Jordan melakoni laga terakhir di NBA pada 14 Juni 1998 sebelum memasuki masa pensiun keduanya. Saat itu timnya, Chicago Bulls, harus menghadapi Utah Jazz di laga final keenam.

Jordan menggunakan Air Jordan 14 edisi khusus di pertandingan itu. Sepatu itu kemudian ditelurkan kembali di edisi terbaru untuk memeriahkan laga final NBA tersebut 20 tahun kemudian. Nike memilih Air Jordan 1, Air Jordan 14, dan Air Jordan 32 sebagai basis sepatu untuk edisi ini.

Air Jordan 1 dan Air Jordan 32 dibuat menggunakan warna yang terinspirasi dari Air Jordan 14 yang digunakan Jordan kala itu. Warna dominan hitam dengan kombinasi merah serta ornamen emas di bagian samping atas. Warna merah dan ornamen emas itu terinspirasi dari detail mobil Ferrari. Mereka juga menyematkan tanggal laga terakhir itu pada bagian lidah di masing-masing sepatu.

Bila Anda ingin menggunakan sepatu yang sama dengan yang digunakan Jordan 20 tahun lalu, Nike merilis ulang Air Jordan 14 Retro OG Last Shot. Sepatu itu dirilis bersamaan dengan perilisan edisi Last Shot 2018. Ketiga sepatu tersebut rencananya akan dirilis pada 14 Juni 2018, bertepatan dengan 20 tahun laga terakhir Michael Jordan.

Setelah sempat menyatakan pensiun pada 1993, Jordan memutuskan untuk pensiun lagi pada 1998. Ia pun mengakhiri karirnya di Bulls dengan manis. Pemain bernomor 23 itu jadi penentu kemenangan Bulls atas Jazz lewat tembakan di sisa 5,2 detik sebelum bel akhir berbunyi. Di sisa waktu, John Stockton lalu gagal menyarangkan tembakan tiga angka sehingga Jordan dkk. memenangkan pertandingan dengan skor 87-86.

Gelar itu begitu berarti bagi Jordan dan tim. Lewat gelar yang direngkuh, Bulls mengulang rekor juara tiga musim berturut-turut dalam delapan tahun.

Air Jordan 1 Retro "Last Shot"

Air Jordan 32 "Last Shot"

Air Jordan 14 Retro OG "Last Shot"

 

Foto: Nike

Komentar