IBL

Rangkaian NBA All Star dimulai pada Jumat, 15 Februari 2109, waktu setempat. Mengambil tempat di Spectrum Center, Charlotte, North Carolina, Amerika Serikat, seperti tahun-tahun sebelumnya, rangkaian All Star dimulai dengan laga eksebisi yang melibatkan sederet tokoh publik. Di gelaran kali ini, laga ini bekerja sama dengan salah satu merk sereal di Amerika Serikat, Ruffles sehingga nama resmi acara ini menjadi Ruffles Celeb Game.

Satu lagi perbedaan dari tahun lalu, di gelaran musim ini, kedua tim yang bertemu hanya dinamai dengan nama tim yang mudah yakni Tim Kandang (home) dan Tim Tandang (away). Tim Kandang dilatih oleh legenda basket perempuan Amerika Serikat, Dawn Staley. Dari susunan pemain, ada pemain WNBA yang membela Las Vegas Aces sekaligus Rookie of the Year WNBA musim 2018, A’Ja Wilson.

Selain Wilson, ada pula nama legenda basket kampus Amerika Serikat, Jay Williams. Williams terkenal saat masih bermain untuk Duke University. Sayangnya, karirnya di NBA tak berlangsung mulus dan lama. Williams kini sibuk menjadi analis di beberapa acara basket baik level kampus atau NBA.  

Dari mantan atlet profesional juga ada nama Steve Smith yang berkarir selama 16 musim di National Football League (NFL). Mayoritas musimnya ia habiskan bersama klub asal Carolina, Carolina Panthers. Selain tiga nama atlet tersebut, deretan pekerja seni masuk dalam skuat Tim Kandang. JB Smoove (aktor), Bo Rinheart (aktor), Chris Daughtry (penyanyi), Rapsody (rapper), Dr. Oz (pembawa acara/dokter), Terrence Jenkins (aktor), hingga Famous Los (komedian) ikut ambil bagian.

Bergeser ke Tim Tandang, tim yang bermain dengan seragam berwarna abu-abu ini dipimpin oleh Sue Bird, pemain Seattle Storm yang menjadi juara WNBA musim lalu. Bird didampingi pemain Denver Nuggets, Monte Morris sebagai asistennya.

Dari susunan pemain, munculnya nama legenda NBA, Ray Allen paling menyita perhatian. Pemain yang tak pernah mengumumkan pensiun ini memainkan laga pertamanya di hadapan penggemar NBA sejak terakhir kali bermain untuk Miami Heat 2014 lalu. Selain Allen, pemain basket lainnya ada nama Stefanie Dolson yang bermain untuk Chicago Sky juga di WNBA.

Di luar mantan atlet profesional, ada juga nama-nama tokoh publik seperti Ronnie 2K (penggagas video game NBA 2K), AJ Buckley (aktor), Hasan Minhaj (komedian), Bad Bunny (rapper), dan MVP laga ini musim lalu yang juga anggota dari grup rap Migos, Quavo.

Di gim kali ini, ada satu aturan tambahan yang diberikan oleh NBA yakni garis 4 poin. Tentunya, jarak garis ini lebih jauh dari garis tripoin. Musim lalu, aturan tambahan ini sebenarnya sudah diperkenalkan. Namun, secara permainan, baru diterapkan di paruh kedua gim.

Gim ini sendiri akhirnya dimenangi oleh Tim Kandang dengan skor akhir 82-80. Famous Los dinobatkan menjadi Most Valuable Player (MVP) di gim ini usai mengemas 22 poin, 2 rebound, dan 3 asis. Jay Williams dan Ray Allen juga beberapa kali mencuri perhatian dengan aksi-aksi mereka. Williams sempat memberi beberapa aksi akrobatik dari umpan dan layupnya. Sementara Ray Allen memasukkan tripoin –tripoin yang menjadi andalannya saat bermain.

Di antara keceriaan gim ini, NBA juga tak lupa menyelipkan beberapa kampanye aksi amal mereka yang bertajuk NBA Cares. Beberapa selebritas dan pemain NBA masuk dalam kampanye tersebut. Selain itu, komisioner NBA, Adam Silver, juga mengumumkan kerja sama baru NBA dengan salah satu perusahaan film ternama, Walt Disney.

Kerja sama terbaru NBA ini nantinya berupa kehadiran wahana baru di Walt Disney World Resort yang terletak di Florida, Amerika Serikat. Kesepakatan ini ditandai dengan bertemunya Adam Silver dengan salah satu tokoh kartun paling legendaris Disney, Mickey Mouse.

Keseruan hari pertama rangkaian NBA All Star 2019 sendiri ditutup dengan gim Rising Star Challenge yang mempertmukan dua tim, Tim Dunia (World), dan Tim Amerika Serikat (USA).

Rangkaian acara akan terus berlanjut hingga Minggu, 17 Februari 2019, waktu setempat. Untuk esok, akan digelar Skills Challenge, Three Point Contest, dan Slam Dunk Contest. Laporan dan rangkuman lengkap tentang rangkaian acara NBA All Stars 2019 dapat terus Anda temukan di mainbasket.com. (DRMK)

 

Foto: Twitter, @NBA

Komentar