IBL

Jimmy Butler, forwarda Philadelphia 76ers, berencana untuk pensiun dari NBA sebelum usianya mencapai 35 tahun. Itu artinya, kemungkinan kontrak baru Butler nanti akan menjadi kontrak terakhirnya. Apalagi musim depan, ia akan habis kontrak bersama Sixers. Namun, hingga saat ini, ia belum benar-benar menentukan masa depannya sampai saatnya tiba.

Pada 2019 ini, Butler sudah berusia 29 tahun. Maka, ketika mendapat kontrak baru nanti, ia sudah akan berusia 30 tahun. Ada waktu paling lama lima tahun lagi untuknya berkarir.

“Saya akan memutuskan pensiun ketika usia saya mencapai 35 tahun,” kata Butler kepada Keith Pompey, Philadelphia Inquirer, ketika ditanya tentang bagaimana ia akan bersaing di usianya yang berkepala tiga. “Jadi, saya tidak mengkhawatirkannya. Saya akan berhenti bermain sebelum berusia 35.”

Di sisi lain, Sixers bisa saja menawarkan kontrak maksimum selama lima tahun senilai AS$190 juta kepada Butler musim depan. Itu pun jika Butler memilih opsi keluar (opt out) dari kontrak terakhirnya. Namun, seandaiknya kedua belah pihak sepakat untuk bekerja sama lagi, maka Butler akan pensiun sebagai seorang Sixers di usia 34 tahun.  

Kendati demikian, sebelum benar-benar pensiun, Butler hanya akan terus menjaga penampilannya untuk membantu Sixers bersaing di playoff. Sejauh ini, ia sudah bermain sebanyak 21 kali dengan mencetak rata-rata 18 poin, 4,7 rebound, 3,2 asis, dan 1,9 steal per pertandingan. Kehadiran Butler telah menjadi tambahan energy positif yang membuat Sixers tambah kuat.

Sampai saat ini saja, Sixers sudah merengkuh sedikitnya 25 kemenangan dari 39 pertandingan. Dengan rekor itu, mereka berada di peringkat empat klasemen sementara Wilayah Timur. Manajer Elton Brand pun senang dengan kondisi tim saat ini, terutama kepada Butler yang memberi kontribusi penting pada tim.

“Dari cara ia menjaga kesehatannya, badannya, dan kebiasaannya, dan ia sangat bekerja keras, itu mengalir kepada tim,” kata Brand.

Dengan pandangan itu, Sixers pun tidak khawatir akan persoalan usia Butler dan rencana pensiunnya. Mereka akan fokus pada musim ini dulu sebelum membicarakan soal kontrak baru. Brand merasa ini belum saatnya untuk dibicarakan. Sebab, Butler masih akan bersama mereka sampai akhir musim nanti. (GNP)

Foto: NBA

Komentar