IBL

Portland Trail Blazers mengunjungi New York Knicks di kandangnya dalam pertandingan lanjutan NBA 2018-2019. Pada kesempatan itu, Blazers sekaligus memberi Knicks enam kekalahan beruntun di hadapan penggemarnya sendiri di Madison Square Garden, Manhattan, New York, Amerika Serikat, Selasa 20 November 2018 waktu setempat. Mereka menang 118-114 dalam empat kuarter.

C.J. McCollum menjadi pencetak angka terbanyak dengan 31 poin. Damian Lillard di belakangnya dengan 29 poin plus 6 rebound dan 8 asis. Penampilan duet garda Blazers tersebut menjadi momok mengerikan bagi Knicks. Apalagi dengan adanya tambahan kekuatan dari pemain cadangan Meyers Leonard (15 poin). Belum lagi senter Jusuf Nurkic juga gemilang dengan dobel-dobel 13 poin dan 11 rebound.

Sementara itu, di kubu Tuan Rumah, Tim Hardaway Jr. mendulang 32 poin. Trey Burke mencetak 19 poin walau bermain dari bangku cadangan. Starter Emmanuel Mudiay menambah 16 poin sementara dan Noah Vonleh dobel-dobel 14 poin dan 14 rebound. Namun, upaya mereka rupanya tidak juga membuahkan kemenangan. Blazers berhasil membuat daftar kekalahan mereka tambah panjang.

Klub asal Portland itu memenangkan pertandingan dengan memanfaatkan momentum di kuarter tiga. Mereka bisa mencetak enam poin lebih banyak di kuarter itu (31-25) sehingga punya sisa nafas di kuarter akhir untuk memenangkan pertandingan. Padahal kedua tim hampir selalu tampil ketat di kuarter lainnya. Knicks bahkan unggul lebih dulu di kuarter satu (35-33). Hardaway Jr. (14 poin) dan Vonleh (8 poin) menjadi dua aktor yang membuat mereka memimpin di awal pertandingan. Knicks memasukkan 59 persen tembakannya.

Dalam kondisi tertinggal dua poin saja, Blazers pun tancap gas untuk membalikkan keadaan di kuarter dua. Duet Lillard dan McCollum saat itu sulit dihentikan. Mereka sama-sama sudah mencetak dobel digit poin di kuarter dua dengan total 33 poin. Namun, Knicks, di sisi lain, ternyata mampu mengimbangi permainan dengan serangan-serangan yang sama tajam. Kedua tim pun bermain imbang sehingga mereka sama-sama mengoleksi 25 poin di kuarter itu.

Knicks masih unggul dua poin dengan skor 60-58.

Di kuarter tiga, Lillard dan McCollum semakin menjadi-jadi. Menyerang habis-habisan, menunjukkan kualitas mereka sebagai salah satu duet garda tertajam di NBA. Lillard sudah mencetak 25 poin sementara McCollum 18. Itu belum ditambah Leonard yang ternyata bisa melangkah lebih jauh dan membantu mereka dengan 13 poin.

Blazers akhirnya berbalik unggul 89-85.

Pertandingan semakin ketat di kuarter akhir. Blazers sempat memimpin dengan selisih dua poin (114-112) di sisa satu menit. Knicks tentu saja masih punya kesempatan untuk membalikkan keadaan. Namun, Blazers rupanya bertahan dengan ketat sambil menunjukkan betapa luas area serangan mereka. Mereka tidak hanya melakukan gerakan-gerakan menusuk ke arah ring, tetapi juga berani melepas tembakan di belakang busur.

McCollum, misalnya, memasukkan 3 dari 4 tripoin di kuarter itu sementara dua pemain Blazers lainnya masing-masing satu. Belum lagi Lillard juga berhasil menipu lawan. Ia melangkah ke belakang sambil menembakkan bola alih-alih melakukan tusukan ke arah ring. Upaya mereka membuat timnya terus unggul meski perolehan poin lagi-lagi imbang (29-29) di kuarter itu.

Blazers pun menang 118-114.

Dengan kemenangan itu, Blazers kini mencetak rekor menan-kalah 12-5. Mereka akan bertanding lagi besok untuk menghadapi Milwaukee Bucks. Sementara itu, Knicks harus bertemu Boston Celtics di hari yang sama.      

Foto: NBA

Komentar