IBL

Liga antarkampus Amerika Serikat yang berada di bawah naungan National Collegiate Athletic Association (NCAA) resmi dibuka Selasa malam, 6 November 2018, waktu setempat. Salah satu laga yang paling ditunggu juga langsung tersaji di malam pembuka yang mempertemukan Duke University dengan University of Kentucky. Kedua kampus ini sudah cukup terkenal sebagai salah dua kampus penyumbang pemain terbanyak ke NBA.

Pemain-pemain seperti Anthony Davis, DeMarcus Cousins, Eric Bledsoe, John Wall, dan Karl-Anthony Towns misalnya berasal dari Wildcats (julukan Kentucky). Sementara dari kubu Blue Devils (julukan Duke) ada nama-nama seperti Kyrie Irving, Jabar Parker, J.J. Redick, hingga pilihan kedua NBA Draft 2018, Marvin Bagley III.

Di musim baru ini, kedua tim juga datang dengan kekuatan baru mereka seiring kepergian pemain utama ke NBA. Pun begitu, pemain-pemain baru yang mengisi daftar pemain kedua tim merupakan pemain-pemain bintang di level SMA setahun sebelumnya.

Dari kubu Wildcats, ada nama Keldon Johnson yang tercatat sebagai pemain terbaik ketujuh di level SMA tahun lalu berdasarkan daftar 100 pemain SMA terbaik versi ESPN. Lalu, ada tiga pemain lain yang berada di 25 besar daftar tersebut dan bergabung dengan Wildcats. E.J. Montgomery (14), Ashton Hagans (20), dan Immanuel Quickley (25).

Kubu Blue Devils lebih menggila, tiga pemain pertama yang namanya muncul di daftar tersebut bergabung ke tim yang diasuh oleh mantan pelatih tim nasional Amerika Serikat, Mike Krzyzewski. R.J. Barrett, Zion Williamson, dan Cam Reddish  bersatu dan seolah membuat Golden State Warriors tingkat kampus. Serasa kurang cukup, tiga pemain itu lantas ditambah lagi oleh adik dari garda Minnesota Timberwolves, Tyus Jones, bernama Tre Jones. Tre sendiri menempati urutan ke-17 dalam daftar tersebut.

Di hadapan 18 ribu lebih penonton yang memadati Bankers Life Fieldhouse, Indianapolis, Indiana, Amerika Serikat, Blue Devils benar-benar menunjukkan perbedaan kelas mereka dengan Wildcats. Blue Devils unggul sepanjang pertandingan yang memiliki format 20 menit kali dua ini. Keunggulan 59-42 di babak pertama terus dipertahankan hingga akhir laga dan Blue Devils menang, 118-94.

Tiga pemain unggulan Blue Devils tersebut benar-benar menunjukkan bahwa daftar tersebut tidak salah. Ketiganya bergantian menyerang pertahanan Wildcats melalui segala cara. Tembakan jarak menengah, layup, hingga dunk-dunk spektakuler.

Barrett keluar sebagai top skor pertandingan usai mencetak 33 poin, 4 rebound, dan 6 asis dengan akurasi mencapai 50 persen. Angka-angka di atas terasa lebih hebat lagi saat melihat fakta bahwa Barrett hanya bermain selama 32 menit. Jumlah poin pemain asal Kanada ini tercatat sebagai jumlah tertinggi yang diciptakan pemain tahun pertama (freshman) di laga pertama mereka.

Williamson menyusul Barrett usai mengemas 28 poin, 7 rebound, dan 2 asis dengan akurasi mencapai 84 persen. Williamson yang terkenal di dunia maya dengan aksi-aksi dunk spektakulernya menunjukkan bahwa ia bukan hanya seorang dunker. Beberapa kali tusukan dan tembakan jarak menengahnya menemui sasaran.

Jumlah poin yang ia torehkan di laga ini juga membuatnya masuk di buku sejarah Blue Devils. Ia tercatat sebagai freshman kedua dengan poin terbanyak di laga pertama di bawah Barrett. Ya, keduanya memecahkan rekor tim di pertandingan yang sama. Sebelumnya, rekor ini dipegang oleh Marvin Bagley III dengan 25 poin.

Reddish melengkapi daftar dengan torehan 22 poin dan 4 steal selama 24 menit bermain sementara Tre Jones menunjukkan fungsinya sebagai fasilitator tim usai mengemas 6 poin, 4 rebound, dan 7 asis. Jumlah asis tersebut merupakan yang tertinggi di laga ini. Tiga bintang utama Blue Devils total mencetak 83 poin, satu poin lebih sedikit dari keseluruhan poin Wildcats.

Dari kubu Wildcats, Johnson menjadi top skor tim dengan 23 poin dan 4 rebound. Forwarda, Reid Travis, menyusul dengan 22 poin plus 7 rebound. Travis adalah pemain pindahan dengan status graduate, yang berarti ia kini memainkan musim kelimanya di NCAA. Tyler Herro melengkapi daftar usai membukukan 14 poin, 9 rebound, dan 5 asis.

Foto: Twitter, @DukeMBB

 

Komentar