IBL

Kamis, 14 Maret 2019, waktu setempat, semua mata tertuju kepada Zion Williamson dalam partai perempat final Atlantic Coast Conference (ACC) antara Duke University berhadapan dengan Syracuse University. Usai drama cedera lutut dan sepatu yang “meledak”, ini adalah gim pertama Zion kembali membela Duke.

Zion pun tak sungkan untuk tampil istimewa di gim yang digelar di Spectrum Center, Charlotte, North Carolina, Amerika Serikat ini. Bermain selama 36 menit, Zion menutup gim sebagai top skor dengan dobel-dobel, 29 poin, 14 rebound, 2 asis, 5 steal, dan 1 blok. Ia memasukkan 13/13 tembakannya hari ini untuk membawa Duke menang 84-72.

Catatan 13/13 tembakan tersebut menyamai rekor tembakan masuk beruntun terbanyak di ACC Tournament. Pemain terakhir yang memasukkan 13 tembakan pertama secara beruntun adalah Brad Daugherty. Daugherty adalah pemain dari University of North Carolina pada 24 November 1985 lalu.

“Saya tidak bisa bilang ini adalah pertandingan yang sempurna. Saya hanya memasukkan 2/9 tembakan gratis saya. Dengan akurasi seperti itu, saya bahkan tidak yakin bisa melempar bola tennis masuk ke lautan dengan tepat,”ungkap Zion usai gim dilansir oleh The Associated Press.

Meski tetap merendah, Zion mendapat sanjungan dari dua Kepala Pelatih yang memimpin kedua tim di gim ini. “Dia benar-benar kembali seperti dirinya,” singkat Mike Krzyzewski, Kepala Pelatih Duke. Sementara Jim Boeheim, Kepala Pelatih Syracuse, memuji pemain berusia 18 tahun ini setinggi langit. Jim menyebut Zion sebagai “pemain yang berbeda” dari seluruh pemain kampus yang pernah ia lihat selama 50 tahun karirnya melatih tim kampus.

“Ia bisa melakukan hal-hal yang orang lain tak bisa lakukan,” ungkap Jim kepada The Associated Press. Saya rasa perbandingan yang sangat dekat dengan dia adalah Charles Barkley. Tapi Zion ini jauh lebih tinggi dan lebih kuat. Ia benar-benar pemain yang “gila” dan jaug berbeda dengan pemain-pemain lain. Tidak ada perbandingan serupa dengannya,” tutup Jim.

Selain Zion, ada dua pemain Duke lain yang mampu mengemas dua digit poin di gim ini. R.J. Barrett yang bermain selama 34 menit mengemas 23 poin dan 6 rebound. Sementara Tre Jones menyusul dengan 15 poin plus 8 asis.

Kemenangan ini membawa Duke melaju ke semifinal dan untuk ketiga kalinya musim ini mereka akan berhadapan dengan North Carolina. Di dua pertemuan perdana yang terjadi di musim reguler, North Carolina berhasil menyapu bersih Duke. Pertemuan perdana kedua tim adalah pertandingan di mana Zion terkena cedera tersebut. Zion terkena cedera satu menit setelah tepis mula (tip-off). (DRMK)

Foto: Twitter, @DukeMBB

 

Komentar