IBL

Portland Trail Blazers menjamu Milwaukee Bucks di kandang dalam pertandingan lanjutan NBA 2018-2019. Mereka berhasil menaklukkan tamunya dengan skor 118-103 di Moda Center at the Rose Quarter, Portland, Oregon, Amerika Serikat, Selasa 6 November 2018 waktu setempat. C.J. McCollum, garda tembak Blazers, menjadi dalang di balik kemenangan mereka.

McCollum mencetak 40 poin dengan persentase tembakan 65,3 persen. Dalam pertandingan ini, ia juga mencetak rekor field goal tertingginya dalam musim ini dengan memasukkan 17 dari 26 tembakan. McCollum benar-benar sulit dihentikan. Donte DiVicenzo bahkan sempat tergelincir (ankle breaker) karena menjaganya.   

Kehadiran McCollum benar-benar menjadi momok mengerikan bagi Bucks. Ia membuat timnya bisa memasukkan 52,7 persen tembakannya di pertandingan ini sementara Sang Tamu hanya 43,5 persen. Padahal Bucks bermain dengan skuat penuh. Giannis Antetokounmpo mencetak 23 poin, 9 rebound, dan 6 asis. Khris Middleton dengan 22 poin, 8 rebound, dan 6 asis. Brook Lopez 22 poin, 4 rebound, dan 1 asis. Namun, mereka tidak juga bisa menang karena Blazers memiliki garda-garada cepat seperti McCollum dan Damian Lillard.

Lillard, garda utama Blazers, juga menyumbang 13 poin, 6 rebound, dan 3 asis di pertandingan ini. Sementara itu, pemain cadangan Evan Turner membukukan dobel-dobel pertamanya sejak 2016-2017 dengan mencetak 16 poin dan 11 rebound. Mereka bahu membahu membuat Blazers memenangkan pertandingan meski kedua tim bermain ketat sejak pertandingan dimulai.

Blazers dan Bucks sempat imbang 28-28 dengan persentase tembakan sama-sama 50 persen di sisa 2 menit, lalu Blazers mengambil jeda (timeout) untuk memutus momentum lawan. Upaya itu membuat Blazers menambah lima poin lagi untuk unggul 33-31 di kuarter satu.

Di kuarter dua, Blazers mempertahankan keunggulan mereka meski Bucks terus membayangi. McCollum dan Lillard memimpin perolehan tripoin sementara timnya secara keseluruhan mencetak 10 dari 21 tripoin. Itu merupakan sebuah anomali karena persentase tripoin mereka di dua pertandingan sebelumnya sangat buruk. Mereka hanya memasukkan 13 dari 63 percobaan (20,6 persen) dalam dua pertandingan. Kini, dengan perolehan poin dari berbagai sisi, termasuk tripoin, Blazers pun memimpin di kandang sendiri selama paruh pertama.

Blazers unggul 57-51.

Pertandingan berlanjut ke kuarter tiga. Blazers terus di atas angin (91-77) berkat penampilan McCollum yang mencetak 21 poin dalam tiga kuarter. Sementara itu, Bucks bertumpu pada Antetokounmpo dan Lopez meski keduanya tidak juga bisa menghentikan Tuan Rumah di area kunci dan perimeter. Namun begitu, Bucks berhasil meminimalisasi tripoin lawan dengan hanya membiarkan mereka memasukkan satu tembakan jarak jauh.

Di kuarter empat, Blazers terus menjaga asa. McCollum tetap sulit dihentikan, tetapi Bucks juga memiliki Antetokounmpo yang atletis, cepat, dan kuat. Namun, permainan Blazers yang lebih cepat dan variatif di kuarter akhir berhasil membuat mereka menjaga keunggulan. Apalagi Turner membantu mereka dengan dobel-dobel poin dan rebound ketiganya selama membela klub asal Portland itu.

Blazers pun menang 118-103.

Dengan demikian, Blazers kini mengantungi 8 kemenangan dari 11 pertandingan. Mereka akan melanjutkan perjalanannya di musim ini dengan menyambut Los Angeles Clippers lusa. Sementara itu, Bucks—yang baru kalah 2 kali dari 10 pertandingan—akan bertemu Golden State Warriors di hari yang sama.   

Foto: NBA

Komentar