IBL

Sepatu khusus Kyrie Irving telah sampai ke edisi lima. Kali ini, Nike selaku sponsor mengembangkan edisi sebelumnya dengan beberapa perubahan. Benjamin Nethongkome masih jadi koki peramu sementara sang pemain bertugas membantu pemasaran melalui prestasi yang ia rengkuh di NBA. Meski baru dirilis akhir November 2018, Nike secara resmi telah menerbitkan berita pengumuman beserta deskripsi produk barunya ini.

Tampilan sepatu baru mantan compatriot LeBron James ini sekilas tidak jauh berbeda dengan edisi sebelumnya. Meski demikian, melalui berita pengumuman, Nethongkome menjabarkan tiga poin utama yang jadi fokus pengembangannya.

Nike menjadikan teknologi bantalan Air Zoom sebagai senjata utama dalam pengembangan sepatu basket. Desainer berdarah Thailand itu pun menempatkannya sebagai sarana meningkatkan performa sepatu. “Bentuknya saya buat sedemikian rupa demi memenuhi standar permainan Irving,” katanya.

Nethongkome mulai bekerja bersama Irving sejak proyek Nike Kyrie 3 bergulir. Dua edisi sebelumnya ia jadikan materi pengembangan. “Saya menempatkan sebuah tali tambahan bernama Flywire. Dengan pengaplikasian itu, diharapkan bisa menambah daya cengkeram sepatu pada kaki Irving,” lanjutnya. Fitur tersebut berbentuk seperti cakar yang bisa dipasang atau dilepas sesuai kebutuhan.

Bagian sol pun tak luput dari sentuhan. Pria yang tinggal di Miami sejak usia 10 tahun itu mengambil motif tato Hamsa di lengan kiri sang pemain sebagai desain panel tersebut. “Tato itu jadi perlambangan perlindungan baginya. Melalui titik ini, saya ingin menegaskan bahwa karya saya ini bukan sekedar sepatu baginya. Kyrie 5  mewakili apa yang dia rasakan.” Motif Mata Ketiga (The Third Eye) tergambar di bagian tumit sepatu sebagai pelengkap. Atas tato ini, Irving sempat digosipkan sebagi pengikut aliran Illuminati meski ia menampik kabar burung tersebut.

Nike Kyrie 5 PE "Taco".

Nike pun bergerak cepat. Irving sudah memakai Nike Kyrie 5 hasil kolaborasi dengan Travis "Taco" Leonard bernama Nike Kyrie 5 PE "Taco". Taco adalah DJ untuk grup musik rap Odd Future. Ia memakainya ketika bermain melawan Milwaukee Bucks tadi malam. 

Musim 2018-2019 akan jadi musim yang berbeda bagi ranah persepatuan di NBA. Liga basket tertinggi Amerika Serikat itu akhirnya menghapus peraturan pembatasan warna sepatu. Hal itu pun dimanfaatkan dengan baik bagi merek-merek sponsor untuk membuat sepatu dengan warna serta edisi yang lebih beragam dan kreatif.

Selain Irving, beberapa pemain NBA pun dikabarkan sudah menggunakan sepatu baru hasil kerja sama dengan pihak-pihak yang mengontraknya. Sebut saja LeBron James, Stephen Curry, Klay Thomson, James Harden, Lonzo Ball, dan lain sebagainya. Hal ini belum termasuk pebasket yang belum mendapat jatah pembuatan sepatu khusus namun sudah jadi duta merek.

Foto: Nike

Komentar