IBL

Pemain yang sudah ada di level punya sepatu khusus bisa meminta sponsornya membuat sepatu sesuai dengan apa yang diinginkan. Oleh karenanya, wajar bila kemudian ada sepatu khusus salah satu pemain yang dibubuhi identitas pemain lain. Hal itu dilakukan karena kedekatan kedua belah pihak atau bentuk rasa hormat. Begitu pula yang dilakukan Kyrie Irving kepada Sue Bird.

Melalui rilis pers produk, Irving mengaku mengagumi Bird. Wanita 38 tahun ini masih jadi pemain aktif Seattle Storm. Berbagai prestasi sudah ia torehkan terhitung sejak masuk ke WNBA pada 2002. Pasangan dari Megan Rapinoe ini juga sempat bermain di Rusia untuk tiga tim berbeda. Baik di Amerika Serikat maupun Rusia, Sue Bird sukses merengkuh juara liga. Di level internasional, delapan medali emas dan satu medali perunggu untuk tim nasional basket putri Amerika Serikat. Atas dasar itu, Irving meminta Nike menyediakan beberapa edisi khusus Nike Kyrie dengan tujuan menghormati karir Sue Bird di kancah basket perempuan profesional.

Kali ini, Nike Kyrie 5 edisi khusus untuk Sue Bird diberi nama “Keep Sue Fresh”. Penggawa Brooklyn Nets sudah memberikannya terlebih dahulu pada idolanya beberapa bulan kemarin. Setelah jadi perbincangan hangat, pihak Nike kemudian mengumumkan untuk memproduksinya secara massal. Bahkan, pihak Si Contreng sudah memastikan akan merilisnya di ukuran anak-anak.

Dasar warna yang dipilih adalah putih. Bagian atasnya menampilkan tulisan berbentuk coretan-coretan yang berisi pendapat Irving tentang Sue Bird. Panel di sisi tumit tak luput dari modifikasi. Tulisan “#KeepSueFresh” terbordir. Sol berwarna biru bening dengan detail merah jadi pilihan untuk mewarnai solnya. Sedangkan sol bagian dalam menampilkan logo pribadi dan tanda tangan Kyrie Irving.

Laman SB Nation sempat mewawancarai keduanya tentang pertemuan keduanya yang kemudian berlanjut dalam ikatan persahabatan. Keduanya bertatap muka pertama kali saat sama-sama membela tim basket nasional Amerika Serikat di ajang Olimpiade Rio de Janiero tahun 2016. “Irving punya kepribadian yang menyenangkan. Dia bilang kalau menonton tim saya bermain lalu mengapresiasinya. Begitu pula saya yang kemudian menyempatkan menonton permainan tim putra. Ia memuji saya sementara permainannya juga layak untuk disanjung,” kata Bird.

Sedangkan bagi Irving, bertemu Sue Bird seperti bertemu dengan idolanya. “Bila kita bicara tentang basket wanita Amerika Serikat, saya hanya ingat tiga orang legenda: Sue Bird, Diana Taurasi, dan Tina Charles. Yang pertama kali terlintas di pikiran saya tentang permainannya adalah manajemen tim yang baik di lapangan,” cerita Irving kepada SB Nation.

Setelah pertemuan itu, Bird pun jadi bagian dari pemain yang memasarkan Nike Kyrie di kancah perbasketan putri. Ia kerap memakai berbagai edisi Nike Kyrie 4 dan 5 sebelum dipasarkan ke publik. Salah satu privilese lain adalah pembuatan edisi khusus (PE) seperti yang akan dirilis ini. Sebagai pemain yang sama-sama suka mengoleksi sepatu, kerja sama semacam ini menguntungkan kedua belah pihak.

Foto: Getty Images, Nike

Komentar