IBL

Kyrie Irving boleh jadi adalah pebasket yang punya banyak sorotan di NBA. Penggawa Brooklyn Nets tengah menjalani kontrak kerja sama dengan Nike. Paparan media membuatnya jadi perbincangan khalayak ramai, baik di dalam maupun di luar basket. Hal itu didukung pula dengan Nike yang menyiapkan konsep kolaborasi unik untuk lini Nike Kyrie. Seperti yang sudah dilakukan Kyrie irving baru-baru ini. Ia memperkenalkan koleksi Nike Kyrie edisi Spongebob Squarepants hasil kolaborasi dengan Nickelodeon.

Akun instagram Roc Nation Sports telah mengunggah seluruh koleksi bersama dengan Sang pemain. Terdapat lima sepatu yang tampilannya dimodifikasi sesuai dengan warna karakter utama di kartun tersebut. Mereka adalah Spongebob Squarepants, Mr. Krab, Sandy Cheeks, Patrick Star, dan Squidward. Tiga iterasi memakai Nike Kyrie 5 sementara dua sisanya menggunakan basis Nike Kyrie 2 versi kerah rendah.

Pengenalan kelimanya dibuat secara bertahap. Pada 12 Juni, bintang WNBA Tina Charles dan Odyssey Sims menggunakan edisi Patrick Star dan Spongebob Squarepants. Selang 18 hari, mantan pemain NBA Nolan Smith memakai siluet Squiward Tentacles saat bertemu awak media. Kemudian pada 16 Juli, seluruh edisi diperkenalkan ke khalayak ramai oleh Kyrie Irving sendiri dibantu agensi Roc Nation milik rapper Jay-Z.

Ketertarikan Kyrie akan serial tersukses Nickelodeon itu sejatinya sudah disingkap sejak ia masih berstatus ruki. Pablo Torre, pewarta untuk ESPN, membuat liputan khusus tentang pebasket yang kala itu meraih gelar ruki terbaik. Dalam artikel yang dipublikasi pada 25 Desember 2012, Torre menuliskan kunjungannya ke tempat tinggal Kyrie di Kota Cleveland. Ia menjelaskan bahwa ketika ia datang, televisi Kyrie tengah menyala dan menayangkan Spongebob Squarepant. Bahkan, C.J Miles selaku mantan kompatriotnya di musim 2011-2012 menyebut Kyrie kerap menirukan suara unik yang dilontarkan karakter di serial tersebut.

Di awal 2019, Kyrie Irving telah membocorkan beberapa proyek yang akan dilakukan untuk memperluas pangsa pasar penjualan sepatunya kepada Complex. Ia menyebut bahwa Nike telah bekerja sama dengan pihak terkait untuk membuat Nike Kyrie edisi serial televisi: “Spongebob Squarepants”, “F.R.I.E.N.D.S” dan “Family Guy”.

Inilah alasan mengapa Nike Kyrie masuk di jajaran lima besar sepatu basket terpopuler di NBA pada 2018 versi Forbes. Nike punya bermacam cara agar produknya mengundang sorotan dari bermacam pihak. Di sisi lain, bekerja sama dengan pihak di luar bidang yang ditekuni, bila dieksekusi dengan baik, akan memperluas pangsa pasar penjualan. Sama halnya dengan Nike, sebuah perusahaan olahraga, bekerja sama dengan Nickelodeon yang notabene adalah stasiun televisi anak-anak.

Koleksi ini masih belum mendapat kepastian tanggal perilisan. Meski demikian, Roc Nation Sports melalui akun instagramnya memberi kode bahwa sepatu yang mereka unggah akan dijual per Agustus 2019.

Foto: Roc Nation Sports

Komentar